Tekan Populasi Kucing Liar di Tangsel Warga Ciputat Lakukan Program Sterilisasi

Doni Marhendro
Peluncuran program sterilisasi massal ini menunjukkan komitmen Tangsel dalam mengatasi masalah populasi kucing liar secara efektif dan berkelanjutan

CIPUTAT, iNewsTangsel.id - Populasi kucing liar yang tidak terkendali menjadi masalah serius yang sering kali tidak disadari oleh banyak orang. Populasi yang tidak terkendali ini bisa mengganggu keseimbangan ekosistem lokal dan kesejahteraan hewan tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, warga Bukit Nusa Indah (BNI), RT 5 dan RT 6, RW 15, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan program sterilisasi. Program ini dilakukan bekerja sama dengan Let’s Adopt Indonesia.

Najla Hanifah, Ketua Pelaksana Karang Taruna RT 5 dan 6, RW 15, Bukit Nusa Indah, menjelaskan bahwa sterilisasi dilakukan karena populasi kucing liar yang besar dapat menimbulkan berbagai masalah. Kesehatan dan kesejahteraan kucing menjadi perhatian utama, karena tanpa kendali, mereka rentan terhadap penyakit, kelaparan, dan cedera.

"Selain itu, kucing liar dapat mengganggu warga di Bukit Nusa Indah dengan suara mengeong dan merusak properti," kata Najla Hanifah, Minggu (23/6/2024).

Carolina Fajar, Head of Operations Let's Adopt Indonesia, menjelaskan bahwa sterilisasi adalah proses medis yang efektif untuk mencegah reproduksi hewan liar tanpa perlu mengangkat mereka dari habitatnya. Program ini membantu mengendalikan populasi kucing liar, mengurangi risiko penularan penyakit, dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network