Muhadjir Effendy Sarankan Kampus Swasta Cari Duit saat Wisuda, Tidak Ada Orang Protes karena Gembira

Achmad Al Fiqri
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyarankan kampus perguruan tinggi swasta (PTS) untuk mencari keuntungan  dengan menerapkan tarif tinggi dalam seremonial wisuda. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsTangsel.id -  Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyarankan kampus perguruan tinggi swasta (PTS) untuk mencari keuntungan  dengan menerapkan tarif tinggi dalam seremonial wisuda.

Saat momen wisuda, Muhadjir menilai, para orang tua mahasiswa tidak akan protes dan rela untuk membayar biaya tinggi. Pasalnya, ia meyakini, momen wisuda penuh kebahagiaan.

Hal itu disampaikan Muhadjir dalam RDPU Panja Pembiayaan Pendidikan Komisi X DPR RI dengan mantan Menteri Pendidikan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

"Wisuda itu tarik yang tinggi karena enggak ada orang akan protes walaupun mahal. Karena waktu saat gembira anaknya mau wisuda bayar berapapun dikasih. Kalau perlu biar satu truk keluarganya akan datang gapapa tapi harus beli undangan," tutur Muhadjir.

Muhadjir menyarankan, agar  PTS agar tidak menaikkan biaya-biaya pendidikan ketika situasi ekonomi tak kondusif. Ia pun menyinggung kebijakan kenaikkan UKT beberapa waktu lalu yang menuai banyak protes dari berbagai pihak.

"Ketika orang sedang gajinya sudah telat anunya naik pasti lah protes itu. Jadi menurut saya juga momentum kurang pas makanya saya sempat kritik itu," ucapnya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network