Yasonna Laoly Sempat Temui Jokowi Sebelum Reshuffle, Sampaikan Hal Ini

Nur Khabibi
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) lakukan Reshuffle Kabinet untuk posisi Menteri Hukum dan HAM. Jokowi menunjuk Supratman Andi Agtas untuk menggantikan posisi Yasonna Laoly. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) lakukan Reshuffle Kabinet untuk posisi Menteri Hukum dan HAM. Jokowi menunjuk Supratman Andi Agtas untuk menggantikan posisi Yasonna Laoly

Sebelum pelantikan Supratman, Yasonna menyatakan sempat bertemu dengan Jokowi. Dalam kesempatan tersebut, ia mengaku diberitahu soal dirinya terkena Reshuffle Kabinet Jokowi dan digantikan Supratman. 

"Seperti saya sampaikan tadi, saya sudah bertemu dengan Bapak Presiden Jokowi, beliau menyampaikan bahwa hari ini jam 9.30 dilantik menteri hukum yang baru, Menteri Hukum dan HAM, pak Supratman Ketua Baleg, mantan Ketua Baleg," ujar Yasonna saat ditemui di Kantor Kemenkumham, Senin (19/8/2024). 

 

Yasona menyatakan, dalam kesempatan itu dirinya menyampaikan terima kasih ke Jokowi. Pasalnya, dia hampir 10 tahun dipercaya sebagai Menteri Hukum dan HAM. 

 

"Saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden telah memberikan kepercayaan kepada syaa jadi pembantu selama 10 tahun kurang dua bulan," ujarnya. 

 

Tidak lupa, Yasonna juga menyampaikan terima kasih ke Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Menurutnya, ia menjadi menteri tidak lepas dari persetujuan Megawati. 

 

"Saya juga menyampaikan terimakasih saya kepada Ibu Megawati Soekarnoputri karena sebagai Ketum DPP PDI-Perjuangan beliau menugaskan saya untuk kepada Bapak Presiden merekomendasikan saya, saya ulangi, merekomendasikan saya menjadi Menteri Hukum dan HAM sejak tahun 2014," ujarnya. 

 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (19/8/2024) pagi.

 

Selain Bahlil, Jokowi juga melantik Supratman Andi Atgas menjadi Menkumham menggantikan Yasonna Laoly, lalu Rosan Roeslani menjadi Menteri Investasi menggantikan Bahlil.

 

Jokowi juga melantik Angga Raka Prabowo sebagai wakil menteri Kominfo.

 

Pelantikan Bahlil , Supratman dan Rosan sebagai menteri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92P Tahun 2024 tentang pemberhentian dan Pengangkatan Menteri negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

 

Dan Keputusan Presiden nomor 52M tahun 2024 tentang pengangkatan wakil menteri komunikasi dan informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

 

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undang dengan selurus-lurusnya,” demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Jokowi.

 

“Demi Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” sambungnya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network