FGD ABUPI Bahas Peran BUP dan Tersus dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Ire Djafar
Ketua Umum ABUPI, Aulia Febrial Fatwa, menekankan perlunya kolaborasi yang kuat antara lembaga pemerintah dan swasta untuk menciptakan ekosistem maritim yang efisien dan berdaya saing global

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Peran BUP dan Tersus/TUKS dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah” di Hotel Morazen, Surabaya, pada Kamis (10/10).

Acara ini menjadi pembuka dari rangkaian ABUPI Roadshow 2024 yang akan diselenggarakan di tiga kota besar, yakni Surabaya, Samarinda, dan Makassar.

FGD ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan di sektor maritim, termasuk penyelenggara pelabuhan, pemerintah daerah, akademisi, pelaku usaha, dan asosiasi terkait. Diskusi tersebut menekankan pentingnya sinergi antara Badan Usaha Pelabuhan (BUP), Terminal Khusus (Tersus)/Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS), serta pemangku kepentingan lainnya untuk memaksimalkan peran sektor maritim dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Agustinus Maun, S.T., M.T., menyoroti pentingnya pelabuhan dalam mendukung distribusi logistik nasional. Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, Ir. Mohammad Yasin, M.Si., menguraikan strategi pembangunan daerah melalui pengelolaan pelabuhan.

Wakil Ketua INSA Jawa Timur, Dwi Agus Wahyono, berbicara mengenai peran pelaku usaha pelayaran dalam memperkuat daya saing maritim, sedangkan Ketua DPW ALFI Jawa Timur, Sebastian Wibisono, menekankan pentingnya efisiensi dalam rantai logistik guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network