JAKARTA, iNewstangsel.id – Ajang penghargaan terhadap brand atau merek yang populer di ranah digital, Indonesia Digital Popular Brand Award 2025 sukses digelas Infobrand. Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada brand-brand di Indonesia yang sukses membangun popularitas dan meningkatkan aktivitas melalui internet.
Tujuan utama dari penghargaan ini adalah memberikan pemeringkatan kepada brand-brand yang berhasil mempertahankan popularitas di tengah maraknya kompetisi digital. Selain itu, penghargaan ini juga menjadi bentuk apresiasi bagi brand yang telah meraih pengakuan di mata konsumen, khususnya para pengguna internet.
"Logo penghargaan dapat digunakan dan ditempatkan di website, media sosial, packaging, iklan dan sebagainya," kata Susilowati Ningsih, CEO Infobrand, dalam acara penghargaan yang digelar di Jakarta, baru-baru ini.
Susi menambahkan bahwa penggunaan logo penghargaan ini dapat memudahkan para netizen dalam menentukan pilihan terhadap brand populer dan unggul di kategori tertentu. Hal ini tentu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand pemenang.
Untuk menentukan peraih penghargaan, Infobrand berkolaborasi dengan TRAS N CO Indonesia, konsultan bisnis yang fokus pada penelitian brand. Mereka melakukan riset dan penilaian Indonesia Digital Popular Brand Index 2025 fase 2 pada Februari–April 2025, terhadap lebih dari 1.500 brand di 250 kategori produk/jasa.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menjelaskan riset dilakukan melalui pendekatan data digital dengan tiga parameter penilaian utama. Parameter tersebut meliputi Search Engine Based (mengukur popularitas melalui pencarian rata-rata per bulan), Social Media Based (mengukur popularitas di platform seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan TikTok), dan Website Based (mengukur kecepatan dan traffic website brand).
Lebih lanjut, Tri Raharjo mengungkap bahwa dari riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2025 fase 2, terdapat 10 kategori dengan ulasan terbanyak, seperti Situs Jual Beli Online yang mencapai 119,3 juta ulasan, Platform Booking Penginapan/Hotel, dan Supermarket Perkakas & Dekorasi Rumah.
"Dari 1.500 brand terriset di lebih dari 250 kategori produk atau jasa, beberapa brand peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2025 di antaranya, Flimty untuk kategori Suplemen Serat, MyRepublic untuk kategori Internet Berlangganan, Allianz Syariah untuk kategori Asuransi Jiwa Syariah, Wika untuk kategori Solar Water Heater, Enervon C untuk kategori Vitamin C, Oxone untuk kategori Juicer, Pisau Dapur dan Panci Presto, dan masih banyak brand lainnya. Saya ucapkan selamat kepada brand-brand peraih penghargaan ini,” ungkap Tri Raharjo.
Editor : Aris
Artikel Terkait