JAKARTA, iNewstangsel - Memasuki bulan peringatan Hari Kemerdekaan, geliat dunia fashion lokal turut merespons semangat nasionalisme dengan pendekatan yang lebih segar dan relevan. Salah satunya, brand fashion wanita GRAPHIS menggandeng aktris dan figur publik Chika Jessica dalam peluncuran koleksi kolaboratif bertajuk “Semangat 45”.
CEO Brand Graphis Dennis Yung Kusmajaya menjelaskan, koleksi ini tidak hanya bermain pada palet warna merah dan putih khas Agustus, tetapi juga menyampaikan pesan yang lebih luas tentang bagaimana generasi muda perempuan Indonesia memaknai kemerdekaan dalam konteks gaya hidup masa kini yang aktif, percaya diri, dan ekspresif.
“Dirancang dengan konsep fun sporty, koleksi ini menyasar segmen perempuan yang berada dalam transisi usia muda menuju kedewasaan. Kami sebut sebagai kelompok “stylishly grown.” Mereka adalah perempuan yang telah melewati berbagai pengalaman hidup dan kini menempati peran penting di berbagai bidang. Namun, mereka tetap menjunjung gaya personal dalam memilih busana yang mencerminkan identitasnya,” ungkapnya.
Menurut dia, dalam konteks peringatan 80 tahun kemerdekaan RI, koleksi ini merepresentasikan interpretasi baru atas nasionalisme di ranah fashion, yakni sebagai ruang ekspresi, refleksi identitas, sekaligus medium pemberdayaan perempuan. Tanpa mengedepankan simbolisme yang kaku, koleksi ini memilih pendekatan naratif yang lebih cair dan personal.
“Melalui kolaborasi semacam ini, kami sebagai brand fashion lokal menunjukkan semangat kemerdekaan tidak hanya dirayakan lewat seremoni, tetapi juga melalui kreasi dan kolaborasi yang relevan dengan dinamika zaman,” imbuhnya.
Dia menjelaskan, alasan sosok Chika Jessica dipilih sebagai wajah kampanye karena dianggap merepresentasikan karakter perempuan urban Indonesia saat ini yang enerjik, berani, dan autentik. Kolaborasi ini menjadi bagian dari strateginya dalam membangun kedekatan dengan pasar muda yang menuntut produk fashion tidak hanya fungsional, tetapi juga memiliki narasi kuat.
“Tak hanya fokus pada desain dan pesan, peluncuran koleksi ini juga memperlihatkan dinamika kerja sama antara brand lokal dan jaringan retail besar. Kolaborasi ini menjadi cerminan, bagaimana brand lokal dan ritel nasional, seperti Matahari membangun ekosistem yang adaptif di tengah perubahan selera konsumen yang semakin personal dan digital,” tutupnya.
Editor : Aris
Artikel Terkait