get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi PAUD Melati di Desa Srogol, Nayla Ajarkan Bahasa Inggris dan Bernyanyi

Kemendikbudristek Bersama SMERU Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dasar

Rabu, 06 Desember 2023 | 09:34 WIB
header img
Penguasaan kemampuan dasar (literasi dan numerasi) yang baik merupakan modal penting bagi siswa untuk dapat mempelajari konsep pemahaman yang lebih tinggi.

Faktor Guru Dalam Perbaikan Kualitas Pendidikan 
  
Dalam forum diskusi ini, dibahas mengenai bagaimana pendidikan dan pelatihan calon guru dan guru, serta dukungan yang sesuai jenjang karier guru menjadi faktor penting yang harus dicermati dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar.  
  
Diperlukan calon guru yang sudah terseleksi secara berkualitas dan mendapatkan pendidikan yang profesional. Dalam prosesnya, perlu ada perbaikan pada tiga tahapan pendidikan calon guru, yaitu seleksi, proses pembelajaran, dan kelulusan. Selain itu ditegaskan juga perlunya kejelasan penempatan saat calon guru lulus.  
  
Selain itu, dukungan sesuai jenjang karier guru juga ditekankan. Pemberian dukungan bagi guru ini telah diterapkan oleh National Institute of Education (NIE). Dalam sesinya, Alexius Chia menerangkan bahwa di Singapura, guru pemula akan mengikuti program bimbingan terstruktur, program induksi bagi guru, kesempatan pengembangan profesionalisme, serta mendapatkan umpan balik dan penilaian yang berkesinambungan.   

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut