get app
inews
Aa Read Next : Kecam Aksi Genosida Di Gaza, Sultan Dorong Parlemen OKI Desak Sanksi Israel

PM Israel Benyamin Netanyahu Tolak Pembentukan Negara Palestina

Minggu, 21 Januari 2024 | 12:01 WIB
header img

ISRAEL, iNewsTangsel - Menanggapi usulan AS dan kesepakatan dengan negara-negara sekutu, PM Benjamin Netanyahu secara terang-terangan menolak pembentukan negara Palestina sebagai bagian dari skenario pasca agresi. Netanyahu menyatakan niat untuk terus melanjutkan serangan hingga Israel meraih "kemenangan yang menentukan atas Hamas."ujar Netanyahu seperti dikutip dari Al Jazeera.

Saat menolak tawaran Menlu Blinken, Netanyahu menyatakan ketidaksiapannya untuk mencapai kesepakatan yang memungkinkan pembentukan negara Palestina.

Satu-satunya permintaan AS yang disetujui Netanyahu adalah agar Israel tidak meluncurkan serangan besar-besaran terhadap Hizbullah di Lebanon. Blinken menegaskan bahwa tidak ada solusi militer terhadap Hamas, dan ia menekankan perlunya pemimpin Israel mengakui hal ini untuk mencegah pengulangan sejarah dan kelanjutan kekerasan.

Blinken menyampaikan pernyataan ini setelah melakukan kunjungan ke beberapa negara sekutu di kawasan, termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Turki, Minggu (22/1/2024).

Hasil kesepakatan dengan negara-negara sekutu ini juga telah diinformasikan langsung oleh Blinken kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Dalam pertemuan dengan Netanyahu, Blinken menyatakan bahwa setiap mitra di kawasan yang telah dikunjunginya bersedia mendukung solusi jangka panjang untuk mengakhiri siklus kekerasan yang telah berlangsung lama dan menjamin keamanan Israel.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut