get app
inews
Aa Read Next : Gibran: Perayaan Paskah Nasional dan Dies Natalis ke-62 GAMKI jadi Momentum Menjaga Persatuan Bangsa

Antara Lithium Ferro Phosphate, Greenflation, dan Bioregional

Senin, 22 Januari 2024 | 22:08 WIB
header img
Sahat Martin Philip Sinurat, Aktivis Lintas Agama

Seorang Wakil Presiden seharusnya tidak hanya memahami satu isu sesuai dengan kompetensinya, melainkan berusaha memahami berbagai isu, terutama topik-topik penting yang menjadi perhatian, baik di dalam maupun di luar negeri.

Dalam debat kemarin malam, Gus Muhaimin menanyakan tentang bioregional, sebuah terminologi yang masih jarang didengar orang awam, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut. Mas Gibran menjawab tanpa mencari alasan bahwa pertanyaan Gus Muhaimin menggunakan terminologi yang tidak umum atau menyatakan pertanyaan itu sepele, ujar Ketua Dewan Pembina Relawan Lentera Kasih (Relasi) kepada iNewsTangsel.

Berbeda dengan Gus Muhaimin dan Prof. Mahfud, ketika Mas Gibran menanyakan tentang Lithium Ferro Phosphate atau Greenflation, keduanya malah mencari alasan daripada menjawab pertanyaan. Mereka menyebut Mas Gibran menggunakan terminologi yang tidak umum, menganggap pertanyaannya sepele, bahkan membicarakan etika dalam berdebat.

Orang-orang yang sering berdiskusi atau berdebat dapat menilai bahwa tindakan keduanya mungkin merupakan upaya untuk menyembunyikan ketidaktahuan atau ketidaksiapan. Meskipun ketiga Cawapres dan tim pakarnya diberi waktu berminggu-minggu untuk mempersiapkan diri sesuai dengan tema yang diinfokan oleh KPU RI sejak awal kampanye.

Dari dua Debat Cawapres yang telah berlangsung, dapat disimpulkan bahwa Mas Gibran adalah yang benar-benar serius dalam persiapannya. Ia meneliti berbagai persoalan yang menjadi perhatian masyarakat Indonesia dan dunia, memberikan solusi dalam pemaparannya, serta tidak mencari pembenaran atas ketidaktahuan atau ketidaksiapan.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut