get app
inews
Aa Read Next : FGD Hima Persis DKI Bahas Kota Global, Tagline Heru Diklaim Bawa Semangat Kemajuan Jakarta

7 Rekomendasi Habibie Demokrasi Forum atas Kondisi Bangsa

Selasa, 06 Februari 2024 | 17:04 WIB
header img
Habibie Demokrasi Forum memberi sikapnya atas kondisi politik yang terjadi menjelang Pemilu pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Habibie Demokrasi Forum memberi sikapnya atas kondisi politik yang terjadi menjelang Pemilu 2024 pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

Dari siaran pers yang diterima redaksi pada Selasa, 6 Februari 2024, Rekomendasi Habibie Demokrasi disusun oleh Dr Ing Ilham Habibie; Prof Dr Dewi Fortuna Anwar; Prof Didik J Rachbini, MSc, PhD; Dr Ir Rijal M Idrus. Lalu, Prof Dr Indria Samego; Umar Juoro, MA; M Hasan Ansori, PhD; dan Julian Pasha, PhD.

1. Memperkuat demokrasi melalui peran masyarakat sipil dalam memajukan nilai-nilai dan praktik demokrasi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 melalui penciptaan ruang partisipasi politik yang bermakna dengan mendorong kerjasama dan kolaborasi antar  masyarakat sipil dalam penyampaian berbagai aspirasi serta penghargaan terhadap keberagaman Indonesia.  

2. Memastikan penyelenggaraan PEMILU 2024 berjalan secara bebas dan adil, tanpa ada intervensi dan intimidasi dari pihak manapun yang dapat mencederai prinsip-prinsip demokrasi. 

3. Mendorong peran dan keterwakilan perempuan dalam politik melalui pengawalan dan penguatan regulasi dan mekanisme afirmasi, peningkatan kapasitas calon pemimpin/legislator perempuan, dan memberi akses dan ruang bagi mereka untuk terlibat dalam proses politik. 

4. Meningkatkan literasi media dan edukasi politik masyarakat sipil melalui berbagai kegiatan yang bersifat partisipatif dan mendorong critical thinking sebagai upaya merawat dan mengembangkan nilai-nilai demokrasi. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut