get app
inews
Aa Read Next : Sejarah dan Teknologi CCTV hingga Seharusnya jadi Solusi untuk SCI Kasus Terkini

Terwelu, Sirekap Masih Trial dan Error 

Selasa, 20 Februari 2024 | 11:22 WIB
header img
Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen, Dr. KRMT Roy Suryo. Foto: Dok

Meski tidak transparan berani mengakui bahwa dgn teregister di Alibaba.com Singapore tsb data2 Pemilu kita otomatis terhubung (baca: bisa diakses tidak hanya dari Indonesia), namun pengakuan tsb setidaknya sudah membenarkan potensi pelanggaran thdp Aturan Perundang2an yg berlaku ttg bagaimana Protap mengelola Data Vital milik Masyarakat Indonesia.

Sayangnya juga setekah KonPres semalam, Ketua KPU dan Semua Komisionernya langsung ngacir meninggalkan tempat acara tanpa sedikitpun memberi ruang Diskusi / Tanya Jawab kepada media, sehingga praktis kasus2 yg terjadi di banyak tempat TPU sebagimana yg sudah Viral dan menjadi Trending Topic hari2 ini ttg SIREKAP tidak mendapatkan Jawaban yg komprehensif karena KonPres berlangsung searah saja.

Jadi apakah hal ini yg disebut oleh Bawaslu sebagai "Trial dan Error" ? MasyaAllah, sudah diberi kepercayaan dan Anggaran yg sangat besar tapi SIREKAP masih ditolelir utk terjadi Trial dan Error? Masalahnya dulu saat Pilkada saja sudah banyak masalah ttg Problem Signal, tetapi sekarang malah tidak ada fungsi "Error Checking" yg secara otomatis bisa mengoreksi kalah ada Salah input sebagaimana sistem komputasi biasa.

Dengan demikian -sesuai "tantangan" Ketua Bawaslu- utk diperiksa atau dilakukan Audit Forensik thdp SIREKAP ini, maka sebaiknya hal tsb dijawab dgn tegas utk dilaksanakan, sebab bagaimanapun juga meski de jure hasil dari SIREKAP ini bukan spt Hasil Hitung Manual Berjenjang yg menjadi hasil resmi Pemilu 2024, namun de facto sudah menjadi acuan dari masyarakat, apalagi ketika melihat hasil dari Quick-Count dan Exit-Poll (yg meski ada penjelasan ilmiah) tampak "teratur dan seragam".

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut