get app
inews
Aa Read Next : Prihatin! 164 Wartawan Terlibat Judi Online, Jumlah Transaksinya Mencapai Rp 1,477 Miliar

Menkopolhukam : Pusat Data Nasional Dalam Proses Perbaikan

Minggu, 23 Juni 2024 | 18:31 WIB
header img
PDN juga pernah menjadi sorotan ketika terjadi dugaan kebocoran 34 juta data paspor Indonesia yang diperjualbelikan di situs online pada 2023

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa sistem Pusat Data Nasional (PDN) yang mengalami gangguan masih dalam proses perbaikan hingga Sabtu (22/6/2024). Hadi menyebut kemungkinan adanya masalah teknis yang terjadi.

"Iya, itu memang sangat teknis. Masih terus diperbaiki dan didalami, kemungkinan ada permasalahan teknis yang perlu kita antisipasi agar tidak terjadi di kemudian hari," ujar Hadi di Lapangan Bhayangkara, Jakarta. "Biasa kan, kalau peralatan-peralatan pasti ada kelemahannya yang perlu kita antisipasi," lanjutnya.

Lebih lanjut, Hadi berharap kejadian serupa tidak terulang di masa depan.

"Mudah-mudahan tidak terjadi lagi. Dan ini sebetulnya perlu back up. Mungkin masalahnya juga ada pada back up-nya," kata dia. Sebelumnya diberitakan bahwa gangguan sistem pada PDN Kementerian Kominfo berdampak pada layanan keimigrasian di seluruh Indonesia pada Kamis (20/6/2024). Akibatnya, antrean pemeriksaan imigrasi di sejumlah bandara mengular dan dikeluhkan oleh warganet di media sosial X.

Sistem PDN tidak hanya digunakan oleh Ditjen Imigrasi, tetapi juga oleh banyak kementerian/lembaga lainnya.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut