get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Penistaan Agama Pdt Gilbert, Polisi akan Minta Keterangan GBI, MUI dan Kemenag

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, Ketum PITI: Momentum Jadikan Indonesia Lebih Baik

Sabtu, 06 Juli 2024 | 17:27 WIB
header img
Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Dr. H. Serian Wijatno (kanan) mengajak umat Islam menjadikan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah sebagai momentum menjadikan kemajuan keimanan. Foto: Ist

Dia melanjutkan, bukankah Allah telah mengingatkan  dalam Al-Qur’an pada surah Al-Hasyr agar setiap orang yang beriman untuk bertakwa kepada Allah dan memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok atau akhirat.

Serian yang juga  Bendahara Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) sembari menekankan bahwa dalam mengarungi kehidupan melalui ikhtiar ini kita juga harus menyadari bahwa kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok. 

"Karena itu penting untuk disadari bahwa kehadiran kita di bumi ini justru karena kita diperintahkan untuk melakukan ikhtiar dan setelah itu kita diingatkan untuk bertawakal, berserah diri kepada Allah. Dalam Al-Qur’an disebutkan yang artinya, Sesungguhnya Allah memiliki pengeta-huan tentang hari Kiamat, menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dia kerjakan besok. (Begitu pula) tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti” ucapnya mengutip Surah Luqman [31]: 34). 

Ayat ini telah dengan tegas menunjukkan kekuasaan Allah atas masa depan dan ketidaktahuan kita tentang apa yang akan terjadi esok. 

Ia juga mengingatkan bahwa inti dari pesan penting peringatan Tahun Baru Hijriah ini seperti yang jelas tercatat dalam pesan Rasulullah saw: “Siapa saja yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia (tergolong) orang yang beruntung. Siapa saja yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia (tergolong) orang yang merugi. Siapa saja yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka ia orang yang dilaknat (celaka).”(HR Al-Hakim).

"Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang orang yang beruntung, yang hari ini lebih baik dari hari sebelumnya. Nah, dalam konteks kita sebagai bangsa Indonesia yang sebentar lagi akan mendapatkan pemimpin baru yakni Bapak Jenderal (Purn) (Hor) Prabowo Subianto sebagai Presiden dan Bapak Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden, maka marilah kita sebagai rakyat harus bersatu dan memberi dukungan doa agar semoga dalam kepemimpinan beliau Indonesia akan terus menjadi lebih baik. Menjadi negeri yang Gemah ripah loh jinawi  toto tentrem karto raharjo atau negeri yang kaya raya dan rakyatnya dalam keadaan tenteram," tegasnya.

Serian yang juga Ketua Lembaga Pendidikan PP Parmusi ini mengajak umat Islam untuk menjadikan Tahun Baru Hijriah sebagai momentum bangsa ini untuk bersatu dan menghentikan polarisasi bagi hidup yang lebih serasi dan menyongsong kehidupan yang lebih baik. "Mari menjaga dan terus meningkatkan konsep Islam yang rahmatan lil alamin yang menyejukkan bagi semua umat yang ada di negeri ini agar Islam dan negeri ini terus menjadi lebih baik," pungkasnya. 

 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut