get app
inews
Aa Read Next : Balas Kematian Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Iran Siapkan Serangan ke Israel

Kapal Induk AS Theodore Roosevelt Merapat di Selat Hormuz, Siap Bela Israel dari Gempuran Rudal Iran

Senin, 05 Agustus 2024 | 09:43 WIB
header img
AS Mengirimkan tiga kapal perang ke Iran. foto dok EPA/SindoNews

GAZA, iNewsTangsel.id - Radio Angkatan Darat Israel melaporkan bahwa kapal induk AS USS Theodore Roosevelt telah tiba di Selat Hormuz, hanya 10 km (6,2 mil) dari pantai Iran. Kehadiran USS Theodore Roosevelt terjadi di tengah kekhawatiran akan pembalasan Iran atas pembunuhan pemimpin politik Hamas di Teheran dan seorang komandan Hizbullah di Beirut.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin juga telah memerintahkan kapal penjelajah dan kapal perusak tambahan yang mampu menahan rudal balistik ke Timur Tengah dan wilayah di bawah Komando Eropa Amerika Serikat, serta skuadron tempur baru ke Timur Tengah.

Pada bulan April, AS, Inggris, Prancis, dan Yordania membantu menembak jatuh rudal dan pesawat nirawak yang ditembakkan Iran ke Israel sebagai balasan atas serangan Israel di kompleks kedutaan besar Iran di Damaskus. Wakil Sekretaris Pers Pentagon Sabrina Singh mengatakan pada hari Jumat bahwa "Departemen Pertahanan terus mengambil langkah-langkah untuk mengurangi kemungkinan eskalasi regional oleh Iran atau mitra dan proksi Iran".

Gedung Putih juga sudah memindahkan sumber daya ke Timur Tengah jika diperlukan untuk mempertahankan diri dan sekutunya. "Kami selalu mengevaluasi ulang postur kekuatan kami di Timur Tengah untuk memastikan bahwa kami memiliki apa yang kami butuhkan untuk mempertahankan diri, pasukan kami, fasilitas kami, tetapi juga sekutu dan mitra kami seperti Israel," kata Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby kepada CNN, tanpa memberikan "banyak detail tentang itu."

Pernyataan tersebut disampaikan sehari setelah Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membahas pengerahan militer AS untuk mendukung Israel dalam menghadapi berbagai ancaman melalui panggilan telepon. Biden menegaskan kembali komitmennya terhadap keamanan Israel dalam menghadapi semua ancaman dari Iran.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut