get app
inews
Aa Read Next : Dewan Pengurus Kadin Daerah Tolak Munaslub: Seruan Bersatu untuk Menjaga Stabilitas Organisasi

Arsjad Rasjid: Pertumbuhan Ekonomi Asia Tenggara dan Komitmen Nol Emisi Harus Seimbang

Kamis, 22 Agustus 2024 | 07:47 WIB
header img
Kadin Indonesia, melalui kepemimpinan Arsjad Rasjid, berperan aktif dalam mendorong kolaborasi lintas negara

Kolaborasi Global untuk Transisi Berkelanjutan

Forum tersebut juga dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Managing Director Keidanren, Arihiro Iwamura, dan President ERIA, Prof. Tatsuya Watanabe. Iwamura menjelaskan bahwa AZEC berfungsi sebagai platform yang memungkinkan pertumbuhan ekonomi dan pencapaian netralitas karbon berjalan beriringan di seluruh Asia. “Kami ingin mencapai dua target besar: pertumbuhan ekonomi yang pesat dan transisi energi yang berkelanjutan, kata Iwamura.

Sementara itu, Prof. Watanabe menekankan pentingnya teknologi dalam mendukung transisi energi di Asia. Menurutnya, penerapan teknologi yang tepat harus disesuaikan dengan kondisi dan tantangan spesifik yang dihadapi oleh tiap negara di kawasan ini.  “Keberhasilan transisi menuju ekonomi berkelanjutan akan sangat tergantung pada kemampuan kita dalam memanfaatkan teknologi yang relevan,” tegasnya.

Peran Sektor Swasta dalam Transisi Energi

Arsjad juga menyoroti peran penting sektor swasta dalam mendukung upaya transisi energi di Asia. “Kolaborasi internasional dan kontribusi sektor swasta sangat penting dalam memastikan transisi energi yang inklusif dan berkelanjutan,” tambahnya.

Forum ini menegaskan komitmen Indonesia dalam mencapai target emisi nol pada tahun 2060, sesuai dengan komitmen yang telah disepakati di bawah Kerangka Kerja Konvensi PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC). Arsjad berharap inisiatif seperti AZEC akan terus memperkuat kolaborasi lintas negara di kawasan Asia untuk menciptakan solusi transisi energi yang lebih efektif dan inklusif, baik bagi sektor swasta maupun pemerintah.

Dapat disimpulkan bahwa,
Pertemuan AZEC Advocacy Group Roundtable menjadi langkah penting dalam upaya kawasan Asia, terutama Asia Tenggara, untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi yang pesat dengan komitmen global terhadap keberlanjutan. Kadin Indonesia, melalui kepemimpinan Arsjad Rasjid, berperan aktif dalam mendorong kolaborasi lintas negara dan sektor untuk mencapai target emisi nol, tanpa mengorbankan potensi pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan di kawasan ini.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut