get app
inews
Aa Read Next : Jaringan Bisnis Lebih Luas di Asia Pacific Coatings Show 2024

Arsjad Rasjid: Pertumbuhan Ekonomi Asia Tenggara dan Komitmen Nol Emisi Harus Seimbang

Kamis, 22 Agustus 2024 | 07:47 WIB
header img
Kadin Indonesia, melalui kepemimpinan Arsjad Rasjid, berperan aktif dalam mendorong kolaborasi lintas negara

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Ketua Umum Kadin Indonesia sekaligus Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Indonesia, Arsjad Rasjid, menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara komitmen nol emisi (Net Zero Emission/NZE) dengan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Hal ini diungkapkan Arsjad dalam pertemuan "Asia Zero Emissions Community (AZEC) Advocacy Group Roundtable" yang digelar di Jakarta pada Rabu  (21/8/2024).

Menurut Arsjad, meskipun transisi menuju emisi nol sangat penting bagi masa depan yang berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi yang sedang melesat di kawasan Asia, terutama Asia Tenggara, tidak boleh dikorbankan. “Kita harus memastikan bahwa penerapan prinsip keberlanjutan tidak menghambat peluang pertumbuhan ekonomi yang signifikan di kawasan ini,” ungkapnya.

Acara AZEC Advocacy Group Roundtable ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang disepakati antara Keidanren, ASEAN-BAC, dan Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) pada Desember 2023 di Tokyo, Jepang. Forum ini menjadi platform bagi para pemangku kepentingan untuk berdiskusi mengenai transisi energi dan keberlanjutan di Asia, khususnya dalam mencapai target emisi nol yang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi.

Keseimbangan Energi dan Pertumbuhan Ekonomi

Arsjad menegaskan bahwa setiap negara di Asia memiliki tantangan dan kebutuhan yang berbeda dalam menghadapi transisi energi. Oleh karena itu, strategi yang diterapkan harus disesuaikan dengan kondisi spesifik tiap negara, termasuk Indonesia yang menargetkan ekonomi net-zero pada tahun 2060 atau lebih cepat. “Kami tidak boleh kehilangan momentum pertumbuhan yang pesat di Asia, kuncinya adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara transisi energi dan pertumbuhan ekonomi,” jelas Arsjad.

Dalam hal ini, AZEC Advocacy Group bertujuan untuk menjadi wadah bagi sektor swasta dalam merumuskan solusi praktis terkait transisi energi, sekaligus menyalurkan aspirasi untuk menjaga keberlanjutan tanpa menghambat pertumbuhan. 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut