get app
inews
Aa Read Next : Menjaga Integritas Mahkamah Agung, IPW dan Penggiat Anti Korupsi Akan Mengadakan Diskusi Publik

Serikat Nelayan NU Gandeng PPKHI Siapkan 10 Ribu Beasiswa untuk Calon Advokat

Rabu, 11 September 2024 | 08:05 WIB
header img
Program beasiswa PKPA dan UPA ini sepenuhnya gratis, dengan persyaratan khusus berasal dari kampus yang terakreditasi dan berkomitmen untuk membela keadilan

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Pimpinan Pusat Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) meluncurkan program beasiswa Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan Ujian Profesi Advokat (UPA) untuk 10.000 ribu peserta. Dalam program beasiswa ini, SNNU bekerjasama dengan Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI). Program ini bertujuan untuk membela nelayan dan masyarakat pesisir yang terpinggirkan.

Ketua PP SNNU/Asdep Kemenkomarives Doktor H. Rahman Hidayat menyampaikan, program ini berangkat dari keprihatinan terhadap maraknya ketidakadilan yang dialami oleh para nelayan dan masyarakat pesisir. 

“Selama ini nelayan dan masyarakat pesisir menjadi kelompok masyarakat yang paling termarjinalkan, mereka tidak mampu membela diri dengan maksimal ketika dihadapkan oleh ketidakadilan pihak lain. SNNU bersama PPKHI menangkap keresahan tersebut dan kami bertekad memperbaiki hal tersebut dengan menyediakan beasiswa ini untuk saudara-saudara kita yang selama ini terpinggirkan,” kata dia saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/9/2024). 

Lebih lanjut, Rahman menyatakan program beasiswa ini merupakan bentuk sumbangsih SNNU dan PPKHI untuk memperkuat literasi hukum, khususnya bagi masyarakat pesisir agar lebih memahami regulasi dan mampu mempertahankan hak-hak mereka.

“Kita sadar bahwa para nelayan kita ini perlu memahami aturan sehingga dalam mencari nafkah di laut, mereka tidak melanggar regulasi. Selain itu program ini menjadi penting untuk meningkatkan kesadaran literasi hukum dimasyarakat, karena memahami hak dan kewajiban menjadi penting dalam kehidupan bernegara sekaligus mampu menjadi yang terdepan dalam membela hak-hak yang mereka dari perampasan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," paparnya. 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut