get app
inews
Aa Read Next : Saksi Sidang Korupsi Timah Ungkap Ekonomi Bangka Belitung Hancur

Helena Lim Terima Rp 2,1 M dari Smelter Timah Swasta Tanpa Dicatat

Rabu, 25 September 2024 | 16:47 WIB
header img
Menurut surat dakwaan jaksa, kerugian negara akibat kasus pengelolaan timah ini mencapai Rp 300 triliun, berdasarkan audit yang tertuang dalam Nomor: PE.04.03/S-522/D5/03/2024 tertanggal 28 Mei

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Staf keuangan PT Stanindo Inti Perkasa Yulia, dihadirkan Jaksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan timah. Yulia mengungkapkan bahwa perusahaannya mengirimkan uang sebesar Rp 2,1 miliar ke money changer milik crazy rich Helena Lim.

Yulia menjelaskan bahwa perintah pengiriman uang ke money changer milik Helena, PT Quantum Skyline Exchange (PT QSE), berasal dari Suwito Gunawan, yang merupakan beneficial owner PT Stanindo Inti Perkasa. Total uang yang dikirimkan mencapai Rp 2,1 miliar.

"Apakah Anda juga pernah melakukan transaksi dengan PT Quantum Skyline atau money changer lainnya?" tanya jaksa di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2024).

"Saya pernah diperintah oleh Bapak Suwito Gunawan, Pak," jawab Yulia.

"Totalnya berapa kali, Bu?" tanya jaksa lagi.

"Seingat saya tiga kali, Pak, totalnya Rp 2.100.000.000," jawab Yulia.

Yulia juga menyebutkan bahwa staf lain bernama Elsi Rahayu turut mengirimkan uang atas perintah Suwito. Yulia mengaku dirinya meminta Elsi melakukan pengiriman tersebut. Nomor rekening dan jumlah uang yang harus dikirimkan diberikan oleh Suwito, dan uang tersebut dikirim dalam bentuk rupiah.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut