get app
inews
Aa Read Next : RS Medistra Hadirkan Teknologi Robotik VELYS untuk Operasi Implan Lutut

Mau Sendi Sehat? Coba Arthroscopy di Siloam Mampang

Minggu, 29 September 2024 | 10:19 WIB
header img
dr Isa An Nagib, Sp.OT (K) FICS, Konsultan Sport Injury and Arthoscopy pada temu media bertajuk A-Z Penanganan Komprehensif Orthopedi dan Ektremitas Atas & Bawah yang digelar RS Siloam Mampang, Jakarta Selatan pada Jumat (27/9/2024). Foto: Ist

Siloam Hosptals Mampang sebagai salah satu rumah sakit dengan pusat layanan orthopedi terkemuka telah menerapkan strategi multidisplin dalam menangani cedera. Tim medis yang terdiri dari berbagai spesialis mulai dari tim bedah orthopedi, spesialis kedokteran olahraga, spesialis rehabilitasi medik dan fisioterapi serta nutrisi hingga psikologi olahraga, bekerja sama secara kolaboratif untuk memastikan pemulihan yang cepat dan efektif bnagi pasien.

Ia juga memastikan bahwa teknik arthroscopy yang dilakukan tim dokter RS Siloam Mampang, Jakarta Selatan tidak berbeda dengan teknik arthroscopy yang dilakukan oleh dokter-dokter di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Amerika, dan India. Karena tim dokter RS Siloam Mampang selalu update keilmuan dengan kolega di luar negeri melalui pertemuan ilmiah yang rutin digelar organisasi profesi dunia diantaranya Organisasi Arthroscopy Internasional (ISAKOS) dan Organinisasi Arthroscopy Amerika (AANA). Dengan demikian maka penanganan komprehensif orthopedi tidak perlu repot ke luar negeri.

“Kita (RS Siloam Mampang) sudah lebih dari setahun berfokus pada orthopedi. Kita sudah sangat focus untuk handel permasalah bidang ortopedi yang selama ini biasanya pasien selalu berpikir orientasi ke luar negeri,” jelas dr Isa.

Beberapa permasalahan sendi yang bisa ditangani dengan teknik arthroscopy di antaranya robekan ligament, robekan meniscus, cartilage defect, loose body, peradangaan hingga infeksi.

Untuk robekan pada ligament lutut seperti anterior cruciate ligament (ACI) dan posterior cruciate ligament (PCI). Rekonstruksi ligament ACL dan PCI dapat dilakukan hanya dengan luka sayatan yang kecil.

Lalu robekan pada meniscus, operasi arthroscopy dapat memperbaiki meniscus (meniscus repair) atau membuang meniscus yang sobek (partial meniscectomy).

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut