Kendaraan Listrik Berperan Signifikan Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Vitrianda Hilba Siregar
Setelah hampir dua tahun beroperasi di Indonesia, Beam Mobility, mencatat peningkatan pengguna, khususnya untuk layanan baru Beam Solo.  Foto: Ist

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Pemerintah Indonesia telah menetapkan target untuk menerapkan ekonomi sirkular pada tahun 2045. Salah satu sektor yang menjadi fokus adalah transportasi, dengan mendorong penggunaan kendaraan listrik dan mikromobilitas.

Layanan berbagi sepeda listrik Beam Solo, misalnya, mengalami lonjakan pengguna hingga 10 kali lipat dalam delapan bulan terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya mobilitas berkelanjutan.

Salah satu sektor prioritas dalam penerapan ekonomi sirkular adalah elektronik, termasuk pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai (KBLBB). 

Kendaraan listrik ini diharapkan mampu mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh sektor transportasi, yang merupakan salah satu kontributor utama perubahan iklim. 

Salah satu inisiatif yang mendukung target tersebut adalah pengenalan sistem mikromobilitas sebagai alternatif transportasi untuk mengurangi kemacetan dan emisi karbon (CO2) serta nitrogen dioksida (NO2). 

Ricky Sjofyan, Country Lead Beam Mobility Indonesia, setelah hampir dua tahun beroperasi di Indonesia, Beam Mobility, mencatat peningkatan pengguna, khususnya untuk layanan baru Beam Solo. 

"Hingga Agustus 2024, pelanggan Beam Solo meningkat hingga 10X lipat terhitung sejak Februari 2024," kata Ricky,  Senin (26/8/2024). 

Beam Solo, lanjut dia, merupakan layanan mikromobilitas dengan skema fleksibel yang memungkinkan pengguna untuk menyewa armada Beam dengan opsi berlangganan mingguan atau bulanan. 

"Layanan ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan fleksibilitas maksimal bagi pengguna, memungkinkan mereka mengakses alat transportasi yang lebih ramah lingkungan sesuai kebutuhan," katanya. 

Lebih lanjut, Ricky mengatakan, terdapat peningkatan signifikan pada jumlah pengguna Beam Solo dari Desember 2023 hingga Agustus 2024, dengan lonjakan paling mencolok terjadi pada bulan Januari yang mencapai 200%. 

 

 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network