get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pengkhianatan Istri Terhadap Nabi Nuh

Gelar Al Amin Pengakuan atas Sifat Amanah dan Kejujuran Nabi Muhammad SAW

Senin, 20 Juni 2022 | 16:20 WIB
header img
Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mendapat gelar Al Amin berkat kejujurannya. (Foto: Ilustrasi/ Freepik)

Hingga akhirnya Abu Umayyah bin Mughiroh sebagai orang tertua di antara semua kabilah menawarkan jalan keluar yang disepakati oleh semua penduduk, yaitu siapa orang yang pertama kali memasuki Masjidil Haram maka ia yang berhak memutuskan perkara tersebut.

Ternyata Allah Subhanahu wa ta'ala menakdirkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjadi orang pertama yang memasuki pintu Masjidil Haram. Nabi Muhammad pun menjadi sosok yang berhak meletakkan batu Hadjar Aswad.

Namun dengan kebijaksanaannya, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam meletakkan Hajar Aswad di atas sorbannya lalu meminta perwakilan dari masing-masing suku di Makkah untuk memegang ujung sorban dan meletakkannya bersama-sama di tempat semula.

Berkat kebijaksanaan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dalam memutuskan perkara tersebut dengan penuh kejujuran, hilanglah perselisihan di antara penduduk Makkah. Sejak saat itu orang-orang Quraisy memberikan gelar "Muhammad Al Amin". Al Amin sendiri memiliki arti yaitu orang yang dapat dipercaya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut