Mendag Zulhas Inginkan Produk Pangan RI Banjiri Arab Saudi

Vitrianda Hilba Siregar
.
Sabtu, 10 September 2022 | 06:05 WIB

JEDDAAH, iNewsTangsel.id -  Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengungkapkan, potensi perdagangan Indonesia ke Arab Saudi sangat besar.

Mendag Zulhas begitu ia disapa mengatakan hal itu dapat dilihat dari jumlah masyarakat Indonesia yang beribadah haji dan umroh ke Arab Saudi setiap tahunnya.

"Bayangkan kita kirim 200 ribu lebih jamaah haji, kita kirim umrah mungkin jutaan jumlahnya per tahun, itu nilai makan saja triliunan yang haji, apalagi kalau sama umrah, banyak sekali.

Selama ini telur, ayam, bumbu-bumbu, ikan, sayuran, buah itu dari Vietnam dan Thailand," kata Mendag Zulhas dalam keterangan pers, saat mengunjungi Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (8/9/2022), kemarin.

Karenanya, Mendag Zulhas, ingin agar produk pangan Indonesia ke depannya bisa dan dapat berkontribusi membanjiri permintaan jemaah umrah dan haji di Arab Saudi.

"Uangnya uang kita, yang makan orang kita, masa dari tempat lain karena alasannya kita belum ada perjanjian dagang. Ini yang kita ingin selesaikan cepat agar perjanjian dagang Indonesia dan Arab Saudi bisa terjadi sehingga produk-produk kita bisa masuk ke Arab Saudi untuk memenuhi permintaan paling tidak haji, umrah, tentu dengan masyarakat sini," imbuh Mendag Zulhas.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini