get app
inews
Aa Read Next : KPJ Healthcare Resmikan Pameran Kesehatan Perdana di Jakarta, Tawarkan Teknologi Kesehatan Terkini

Kasus Kopi Sianida Disorot, Wamenkumham: Jessica Wongso Sudah ke Kafe 3 Hari Sebelum Eksekusi Mirna

Kamis, 05 Oktober 2023 | 21:39 WIB
header img
Jessica Kumala Wongso, terpidana kasus kopi sianida

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Kasus kopi sianida yang merenggut nyawa Wayan Mirna Salihin pada 2016 silam kembali menjadi sorotan publik. 

 

Hal ini bermula setelah layanan streaming Netflix merilis film dokumenter berjudul 'Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso'. Film dokumenter ini mengisahkan kasus kopi sianida dari sisi Jessica Kumala Wongso, terpidana kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin.

 

Nama Jessica Kumala Wongso yang saat itu bersama Mirna di kafe Oliver kemudian dinyatakan bersalah atas kematian Mirna oleh pengadilan. 

 

Terkait kasus tersebut, ada fakta yang menyebut bahwa Jessica sudah sempat ke Kafe Olivier tiga hari sebelum hari dimana Wayan Mirna Salihin datang ke sana dan meregang nyawa.

 

"Dia (Jessica) datang bukan saat eksekusi Mirna saja. Tiga hari sebelumnya sudah datang," kata Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej, di acara Catatan Demokrasi yang ditayangkan di sebuah stasiun televisi swasta, baru-baru ini. 

 

Wamenkumham yang akrab disapa Edi tersebut mengungkapkan hal itu kepada saksi ahli psikologi persidangan Jessica, Dewi Haroen, yang juga menjadi narasumber dalam acara itu. 

 

Dewi pun kaget dan mengaku tidak tahu selama ini kalau ada fakta Jessica sempat ke Kafe Olivier tiga hari sebelumnya. 

 

"Saya nggak dapat info itu," kata Dewi.

 

Menurut informasi yang didapat Dewi, Jessica baru pertama kali datang ke Kafe Oliver. Bahkan, Jessica diantar oleh ayahnya kemudian dijemput ayahnya juga. 

 

"Jessica datang ke sana diantar ayahnya. Dia nggak tahu tempat itu," ucap Dewi.

 

Untuk informasi, film dokumenter ini mengisahkan mengenai salah satu kasus terkenal di Indonesia, yaitu pembunuhan Mirna Salihin. Dalam kasus tersebut, Jessica Wongso dituduh pelaku yang menyisipkan racun sianida ke kopi Mirna. 

 

Peristiwa tersebut terjadi pada 6 Januari 2016 silam di salah satu kafe yang berada di Mall Grand Indonesia bernama Olivier Cafe. Mirna saat itu meminum es kopi Vietnam lalu ia kejang-kejang hingga akhirnya meninggal dunia saat perjalanan menuju rumah sakit.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut