get app
inews
Aa Read Next : DAIKIN Gelar Kompetisi Proshop Designer Awards 2024 Bagi Pegiat Arsitektur dan Desain Interior

Resmikan Pusat Keunggulan Pertama di SMK, DAIKIN Tingkatkan Kompetensi Siswa Didik Sekolah Vokasi

Kamis, 14 Desember 2023 | 07:56 WIB
header img
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 29 Jakarta ditunjuk menjadi Pusat Keunggulan DAIKIN pertama ini, berada di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Kerjasama yang dibangun sesuai kerangka nota kesepahaman ini meliputi penyelarasan kurikulum, pelaksanaan sertifikasi industri bagi guru dan siswa, pengadaan pelatihan dari DAIKIN sebagai guru tamu, praktek kerja lapangan bagi guru dan siswa, hingga donasi unit praktek untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Sejak saat itu, DAIKIN terhitung telah menjalin kerjasama dengan 37 SMK dan 8 Balai Latihan Kerja di Indonesia. 

Lebih lanjut terkait dengan Pusat Keunggulan DAIKIN, dikatakan Budi Mulia, selain akan lebih menaruh perhatian untuk menginsentifkan berbagai hal yang telah menjadi pokok kerjasama sebelumnya, sekolah yang dikembangkan sebagai Pusat Keunggulan akan pula menjadi tempat pelatihan sekaligus penyelenggaraan uji kompetensi berbasis standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Disamping pula, penguatan untuk menjadikannya sebagai pusat pelatihan dan pengembangan tata udara. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, DAIKIN telah menyiapkan peta jalan. Termasuk didalamnya, menjadikan Pusat Keunggulan DAIKIN tak hanya menjadi tempat pelatihan dan pengembangan kompetensi internal sekolah, namun pula mencakup pihak luar sekolah tersebut. “Menjadikan Pusat Keunggulan terbuka bagi pengembangan siswa maupun guru sekolah lain, termasuk mitra industri kami, menjadi upaya untuk terjadinya dialog dan transfer keilmuan serta keahlian yang bakal berkontribusi bagi pengembangan pendidikan maupun industri tata udara di masa mendatang,” ujar Budi Mulia pula. 

Terkait tujuan besarnya ini, Budi Mulia menyatakan, DAIKIN sendiri menyatakan akan secara simultan mengembangkan beberapa SMK yang tersebar di Indonesia menjadi Pusat Keunggulan DAIKIN berikutnya. Tak hanya di seputaran Jakarta, rencana pengembangan ini bahkan dikatakannya akan menyentuh hingga di berbagai pulau lain di Indonesia. 

“Seturut dengan upaya bersinergi pada peningkatan kualitas pendidikan, pemerataan akses pun menjadi titik fokus kami dalam pembangunan Pusat Keunggulan DAIKIN,” ujar Budi Mulia pula. Terkait dengan rencana besarnya ini, selain menimbang kemampuan sekolah, DAIKIN akan berupaya meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat maupun setempat. “Kami percaya, sinergi baik antara industri dan pemerintah akan menjadi kunci kesuksesan pengembangan sumber daya manusia Indonesia,” pungkas Budi Mulia.   

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut