get app
inews
Aa Read Next : AC Zeta Inverter dari DAIKIN, Solusi AC Hunian yang Lebih Nyaman dan Peduli Kesehatan

Cara Tepat Pilih AC Biar Tagihan Listrik Tetap Hemat

Rabu, 24 Januari 2024 | 13:47 WIB
header img
AC akan bekerja ekstra untuk mencapai suhu yang diinginkan, sementara jika terlalu besar, ruangan bisa terasa terlalu dingin dan tagihan listrik menjadi lebih tinggi

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Alat pendingin udara (AC) semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Di iklim tropis, terutama di area perkotaan, kenyamanan udara sejuk dalam hunian sangat diinginkan. Namun, memilih AC yang hemat energi bukanlah hal yang sepele, terutama karena penggunaan jangka panjang dapat berdampak pada tagihan listrik bulanan.

Setidaknya ada lima hal yang patut diperhatikan sebelum memutuskan membeli atau mengganti AC.

1. Sesuaikan kapasitas AC dengan luas ruang penempatan 

AC punya kapasitas pendinginan yang dikenal dengan sebutan PK atau paardenkracht. Kapasitas pendinginan ini mesti disesuaikan dengan luas ruang penempatan. Terlalu kecil, bakal buat AC kerja ekstra untuk mendapatkan suhu yang diinginkan. Sementara jika PK terlalu besar, selain ruangan terasa terlalu dingin, kapasitas pendinginan besar ini akan membuat tagihan listrik lebih tinggi.  
 
Cara menghitung PK agar sesuai dengan kebutuhan ruang, didapat dengan perhitungan luas ruang dikali dengan satuan panas British Thermal Unit (BTU) dan kemudian dibagi dengan 9,000 BTU. Besarnya satuan BTU ini, bergantung pada kecenderungan tingginya suhu ruang. 
Semakin panas, semakin besar. Untuk suhu rata-rata misalnya, cukup kalikan dengan 600 BTU. Namun bila suhu ruang cenderung panas dari lingkungan sekitar, atau ada di lantai basement, tinggikan angkanya misalnya hingga 1,000 BTU.  
 
Contoh sebuah kamar berukuran 3x4 meter persegi dengan suhu ruang rata-rata. 

Perhitungannya menjadi (3x4x600) : 9000 = 0,8 yang berarti kamar tidur tersebut membutuhkan AC dengan kapasitas yang mendekatinya yaitu 0,75 atau ¾ PK. Sesuaikan perhitungan ini dengan perubahan luasan ruang dan suhu rata-ratanya.  

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut