get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Subianto Siapkan Posisi Istimewa untuk Maruarar Sirait

Ahli IT Singapura: Ada Dugaan Pelanggaran Pemilihan Presiden 2024

Rabu, 21 Februari 2024 | 11:37 WIB
header img
Ketidakseragaman perangkat itulah yang dianggap Pakar IT Anonimus tersebut menimbulkan tendensi kecurangan dalam pembacaan data yang dilakukan oleh sistem milik KPU

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Seorang ahli IT anonim dari Singapura mengungkap dugaan pelanggaran yang terjadi pada Pemilihan Presiden 2024. Pelanggaran tersebut terjadi dalam proses rekapitulasi penghitungan suara yang ditampilkan di situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ahli IT anonim tersebut menyatakan bahwa potensi pelanggaran dalam akumulasi perhitungan suara di KPU dimulai sejak H-1, atau 13 Februari 2024, ketika situs web resmi KPU terlihat sedang dalam proses pemeliharaan.

Menurutnya, dalam mekanisme pelaporan hasil rekapitulasi, beberapa pihak terlibat sebelum mencapai KPU. Pertama-tama, masyarakat menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tempat tinggal mereka. 

Suara di TPS kemudian dihitung bersama oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), saksi partai, dan Panwaslu setelah TPS ditutup. Hasil penghitungan suara di TPS tersebut akan dicatat dalam formulir C Hasil.

Pihak yang berwenang untuk mencatat hasil perolehan suara ke dalam formulir C Hasil adalah KPPS, yang diamati oleh Panwaslu dan saksi. Setelah formulir C Hasil selesai dicatat, pengguna Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), yang juga merupakan bagian dari KPPS, akan melaporkan formulir C Hasil tersebut kepada KPU melalui platform aplikasi bernama Sirekap.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut