get app
inews
Aa Read Next : Umroh Tanpa Visa Haji, Mungkinkah?

Ketua DPR: Lindungi WNI di Taiwan dan Antisipasi Cuaca Ekstrim

Kamis, 04 April 2024 | 18:57 WIB
header img
Puan meminta pemerintah melalui Kemenlu untuk melakukan berbagai hal secara maksimal demi memberikan perlindungan dan menjaga para WNI di wilayah negara yang dilanda bencana tersebut. Foto ( Istimewa)

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi  Wakil Ketua DPR yakni Lodewijk F. Paulus, Rachmat Gobel dan Sufmi Dasco Ahmad memimpin Sidang Paripurna  penutupan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024 DPR di Gedung Nusantara I Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (4/4/2024). 

Mengawali pidato penutupan masa sidang, Puan menyampaikan rasa simpati untuk masyarakat yang menjadi korban bencana alam. Mulai dari korban gempa di beberapa wilayah di Jawa Timur dan banjir serta longsor yang terjadi di beberapa wilayah di tanah air. 

“Pemerintah dan para pemangku kepentingan harus selalu siaga dan memitigasi dampak bencana alam akibat cuaca ekstrem,” kata Puan. Puan lalu berbicara soal risiko perlambatan ekonomi akibat perlambatan ekonomi global. “Indonesia juga menghadapi tantangan domestik, antara lain: dinamika konsolidasi politik pasca pemilu 2024, kenaikan harga komoditas kebutuhan rakyat, nilai tukar rupiah yang berpotensi melemah terhadap US dollar yang dapat menyebabkan biaya produksi barang tertentu meningkat,” paparnya.

Perlindungan WNI Korban Gempa Taiwan

Menanggapi gempa berkekuatan 7,5 magnitudo yang melanda Taiwan, Puan meminta Kementerian Luar Negeri untuk proaktif mencari tahu terhadap kondisi Warga Negara Indonesia yang berada di Taiwan, baik itu keberadaannya, identifikasi namanya, hingga kondisi kesehatannya. Dengan begitu, WNI di Taiwan dapat segera mendapatkan perlindungan dan pertolongan.

"Jika perlu dievakuasi ya dievakuasi. Kalau perlu dibawa ke Indonesia ya dibawa kembali ke Indonesia," kata Puan.

Oleh karena itu, Puan meminta pemerintah melalui Kemenlu untuk melakukan berbagai hal secara maksimal demi memberikan perlindungan dan menjaga para WNI di wilayah negara yang dilanda bencana tersebut.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut