get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Subianto Siapkan Posisi Istimewa untuk Maruarar Sirait

Shalat Idul Fitri Ricuh Gegara Khatib Singgung Kecurangan Pemilu 2024, Begini Penjelasan Kemenag

Jum'at, 12 April 2024 | 09:42 WIB
header img
Suasana khusyuk Salat Idul Fitri di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Bantul, DIY, mendadak berubah ricuh pada Rabu (10/4/2024). Foto: Ist

BANTUL, iNewsTangsel.id - Suasana khusyuk Salat Idul Fitri di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Bantul, DIY, mendadak berubah ricuh pada Rabu (10/4/2024). Penyebabnya, sang khatib dalam khotbahnya menyinggung soal Pemilu 2024, yang membuat para jemaah tidak terima dan memilih walkout.

Momen ini terekam dalam video viral yang diunggah akun Twitter @merapi_uncover. Dalam video tersebut, terlihat jemaah mulai berdiri dan meninggalkan tempat saat khatib menyampaikan ceramahnya.

Khatib yang membacakan teks khotbah tersebut menyinggung tentang kecurangan Pemilu 2024 yang dinilai terburuk dalam sejarah Indonesia dan menyeret nama pejabat negara.

Penyinggungan ini memicu reaksi dari para jemaah. Mereka langsung beranjak dari tempat duduknya dan meninggalkan lokasi salat. Terdengar pula suara protes dari beberapa jemaah yang tidak terima dengan isi khotbah tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Bantul, Ahmad Shidqi, membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan bahwa panitia PHBI setempat tidak membicarakan materi khotbah dengan khatib sebelumnya.

Ahmad juga menekankan bahwa Kemenag Bantul telah mengeluarkan panduan penyelenggaraan Shalat Idul Fitri yang melarang khotbah menyangkut muatan politik praktis.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut