get app
inews
Aa Read Next : Satgas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal Blokir 585 Pinjol Ilegal dan Pinjaman Pribadi

Let’s Invest Girls Keliling Indonesia, Upayakan Literasi Keuangan Berkelanjutan Bagi 500 Siswi

Kamis, 25 April 2024 | 22:18 WIB
header img
Elvera N. Makki, Inisiator Let’s Invest Girls menyatakan, “Melalui program 'Let's Invest Girls, kami berkomitmen untuk memberikan landasan yang kokoh dalam literasi finansial bagi remaja putri.

JAKARTA, iNewsTangsel.id - 91% remaja puteri usia 15-18 tahun belum pernah mendapatkan sesi literasi keuangan, berdasarkan survei yang dilakukan Let’s Invest Girls (LIG) terhadap 150 remaja puteri dari 26 SMA/SMK di 4 kota, yaitu Bogor, Jakarta, Medan, dan Sidoarjo. Survei yang diadakan dalam rentang waktu 6 bulan sejak November 2023 hingga April 2024 ini juga mengindikasikan bahwa hanya 23% dari mereka memahami cara mengelola keuangan namun hampir 80% siswi telah mendapatkan uang bulanan dari orang tuanya dengan rata-rata jumlah bervariasi, mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 800.000. Akibatnya, sebagian besar dari mereka kesulitan menabung, sangat kurang memahami pentingnya investasi, dan belum sepenuhnya memahami perbedaan keinginan dan kebutuhan, serta arti penting menentukan tujuan finansial.

Elvera N. Makki, Inisiator Let’s Invest Girls menyatakan, “Melalui program 'Let's Invest Girls, kami berkomitmen untuk memberikan landasan yang kokoh dalam literasi finansial bagi remaja putri. Kami percaya bahwa dengan pemahaman dan ketrampilan yang kuat tentang keuangan, mereka akan memiliki kepercayaan diri yang diperlukan untuk mengelola uang mereka dengan bijak dan meraih kesuksesan finansial di masa depan. Tidak hanya itu, program ini juga merupakan penguatan dan pemberdayaan perempuan Indonesia agar mampu mengoptimalkan potensinya, merealisasikan mimpinya, dan menjadi versi terbaik dirinya. Sejak 2022, program kami telah menjangkau 565 siswi SMA/SMK yang terwakili dari Aceh hingga Papua. Tahun ini, target kami memberikan dampak bagi peningkatan literasi keuangan di berbagai wilayah Indonesia bagi 500 remaja putri.”

Hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan tahun 2022 menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, telah naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03 persen, tetapi masih terdapat gap/perbedaan dengan tingkat inklusi keuangan (85,1%) . “Data ini menjadi pendorong utama bagi Let's Invest Girls untuk meningkatkan program literasi keuangan yang ditujukan khusus untuk remaja puteri, sebagai kelompok yang memiliki peran penting dalam pengelolaan keuangan tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga dalam persiapan karier dan kehidupan berkeluarga di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman dan pengetahuan finansial yang praktis sejak dini.” lanjut Elvera, Kamis (25/4/2024).

Selain itu, berdasarkan survei yang dilakukan oleh TIAA Institute, literasi keuangan global cenderung paling rendah di kalangan remaja putri Gen Z dan paling tinggi di kalangan Gen X dan baby boomer. Gen Z menjawab dengan benar 37% dari pertanyaan indeks, secara rata-rata, dibandingkan dengan 51% di antara Gen X dan 53% di antara generasi baby boomer . Temuan ini menunjukkan betapa sedikitnya yang diketahui oleh remaja putri mengingat kompleksitas lingkungan keuangan saat ini.

Elvera menambahkan bahwa, “Bersama Let's Invest Girls!, remaja puteri memiliki kesempatan langka untuk memperoleh pemahaman tentang literasi keuangan sejak usia muda, yang sebelumnya tidak mereka dapatkan. Hal ini dapat memupuk hubungan yang baik antara diri mereka dan uang, serta bagaimana menggunakan uang secara bijak untuk mencapai tujuan mereka. “Program ini bertujuan untuk menginspirasi mereka membangun masa depan yang cerah, menghadapi tantangan dengan keberanian, dan menjadi pemimpin yang tangguh dalam kehidupan mereka. Dengan dukungan dari mentor dan fasilitator yang berpengalaman, kami yakin program ini akan membuka jalan bagi pertumbuhan dan pemberdayaan perempuan muda Indonesia,” lanjut Elvera.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut