get app
inews
Aa Read Next : Satgas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal Blokir 585 Pinjol Ilegal dan Pinjaman Pribadi

Let’s Invest Girls Keliling Indonesia, Upayakan Literasi Keuangan Berkelanjutan Bagi 500 Siswi

Kamis, 25 April 2024 | 22:18 WIB
header img
Elvera N. Makki, Inisiator Let’s Invest Girls menyatakan, “Melalui program 'Let's Invest Girls, kami berkomitmen untuk memberikan landasan yang kokoh dalam literasi finansial bagi remaja putri.

Dalam sesi literasi keuangan, Let's Invest Girls (LIG) tidak hanya membahas konsep dasar tentang uang, tetapi juga menggali bagaimana investasi dapat melindungi keuangan dari inflasi, membedakan keinginan dan kebutuhan, serta membantu mencapai tujuan keuangan dengan lebih efisien, dan yang paling penting, bagaimana cara perempuan mengontrol masa depan finansial mereka. Jika program literasi keuangan dapat mencapai lebih banyak remaja perempuan di Indonesia, ini dapat menciptakan dampak positif yang besar karena perempuan akan memiliki peran penting dalam membuat keputusan finansial yang berpengaruh tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk keluarga mereka dan generasi mendatang.

Survei yang dilakukan setelah mendapatkan sesi workshop bertema “The Power from Within” ini menyatakan 84.3% siswi  memperolah peningkatan pemahaman dasar-dasar literari keuangan, 96% jauh lebih memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan, dan 95.4% menyatakan kelas ini sangat membantu untuk pengelolaan keuangan mereka ke depannya.

Let’s Invest Girls merupakan program utama dari Yayasan Pendidikan Investasi Muda Indonesia yang berdiri sejak 14 April 2022. Sebagai organisasi non-profit dengan misi pemberdayaan dan peningkatan kualitas perempuan muda Indonesia, program keliling Indonesia pada kesempatan ini diadakan di SMAN 78 Jakarta Barat, sekaligus merayakan Hari Kartini dan Bulan Literasi Keuangan, dihadiri oleh 50 siswi terpilih untuk mendapatkan pengetahuan, motivasi, dan kiat-kiat seputar literasi keuangan, kepemimpinan, dan komunikasi.

H. Marzuki Miad, M.Pd., Kepala Sekolah SMAN 78 Jakarta Barat mengungkapkan “Tidak ada investasi yang lebih berharga daripada investasi pada pengetahuan. Melalui program Let's Invest Girls tentang literasi keuangan, kepemimpinan dan komunikasi, kami memberikan keterampilan praktis untuk mengelola keuangan. Dengan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana mengelola uang dan berkomunikasi secara efektif, mereka akan menjadi agen perubahan yang kuat dalam masyarakat dan memimpin dengan teladan dalam membangun masa depan. Antusiasme para siswi sangat terlihat dalam kegiatan ini. Semoga workshop ini dapat menjadi sumber pengetahuan dan keterampilan yang mereka perlukan untuk meraih kesuksesan dan mengatasi tantangan di dunia yang selalu berubah.” 

Program Workshop Keliling Indonesia bertema “The Power from Within” dilaksanakan sejak 2022 dan akan terus digiatkan ke berbagai kota di Indonesia, dikombinasikan dengan pelatihan dan webinar secara daring bagi remaja puteri dan perempuan muda usia 15-25 tahun.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut