get app
inews
Aa Read Next : Siloam Hospitals adakan The 4th Siloam Oncology Summit 2024

RS MRCCC Siloam Sukses Lakukan Tindakan Transplantasi Sel Punca Pasien Kanker Sel Plasma Darah

Sabtu, 08 Juni 2024 | 12:55 WIB
header img
RS MRCCC Siloam Semanggi, Jakarta berhasil melakukan tindakan Hemapoetic Stem Cell Transplantation (HSCT) dalam kasus Multiple Myeloma atau kanker sel plasma darah. Foto: Ist

Adapun tindakan yang berhasil dilakukan di RS MRCCC Siloam Semanggi merupakan Transplantasi Autologus. Tindakan transplantasi sel punca hemapoetik autologus dapat membantu banyak pasien dengan kriteria tertentu (eligible transplant) seperti pada Multiple Myeloma, kanker kelenjar getah bening (Limfoma malignum) dan keganasan darah lain dengan tingkat keberhasilan yang lebih baik dibandingkan dengan metode kemoterapi konvensional sebelumnya, dan dapat memperpanjang masa remisi dari kanker.

Tindakan transplantasi sel punca hemapoetik memang sudah dapat dilakukan di Indonesia. Di MRCCC, untuk mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan, diperlukan tim multidisiplin yang terdiri dari dokter spesialis konsultan hematologi dan onkologi medik, dokter spesialis konsultan patologi klinik, dokter spesialis patologi anatomi yang merupakan konsultan hematologi, dan tenaga medis yang saling bekerja sama untuk kesembuhan pasien.  

Direktur RS Siloam MRCCC Semanggi, dr. Adityawati Ganggaiswari MARS, mengatakan MRCCC juga melengkapi fasilitas transplantasi sel punca hemapoetik dengan fasilitas khusus yaitu Immunocompromised Isolation Room (ICIR) atau ruang isolasi tekanan positif untuk merawat pasien keganasan darah yang telah melalui proses kemoterapi agresif dan transplantasi sel punca hemapoetik, dimana system imun pasien tersebut menurun.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut