get app
inews
Aa Read Next : Apresiasi Nasabah, BRI Life Gelar BRILian Appreciation Week 2024

Strategi Aksi Keuangan Berkelanjutan BRI Life, Melalui Peresmian Rumah Pemasaran UMKM Eceng Gondok

Selasa, 13 Agustus 2024 | 19:44 WIB
header img
Kita ingin membawa produk lokal eceng gondok ini dapat masuk ke pasar global.

Aris juga menambahkan bahwa melalui pendampingan yang diberikan, para perajin diajarkan bagaimana menambah nilai suatu produk dengan menambahkan latar belakang cerita mulai dari proses pembuatan, sehingga produk yang dijual memiliki keunikan yang lebih inovatif dan kompetitif.

UMKM Bengok Craft binaan BRI Group ini memiliki sekitar 30 perajin dan telah menghasilkan berbagai produk berbahan dasar eceng gondok seperti tikar, tas, keranjang, figura, sandal, gantungan kunci, media tanam, dan lain-lain.

Dengan kreativitas pelaku UMKM, eceng gondok yang umumnya dianggap sebagai tanaman pengganggu atau gulma karena merusak ekosistem perairan, berhasil diubah menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki nilai jual ekonomi tinggi.

Firman Setiyaji, Koordinator UMKM Eceng Gondok Rawa Pening, menjelaskan bahwa produk yang dihasilkan UMKM Bengok Craft menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu unik, klasik, dan etnik, dengan fokus pada fashion dan kerajinan tangan, di mana produk eceng gondok yang dihasilkan tetap fungsional dan dapat digunakan sehari-hari.

“Kami ingin membawa produk lokal eceng gondok ini ke pasar global. Oleh karena itu, kami terus berusaha menghasilkan produk yang dapat bersaing di pasar. Kami mengajak semua anggota perajin untuk lebih sadar tentang kewirausahaan. Dengan mengikuti pelatihan yang diberikan BRI Life, kami berharap para perajin di sini akan lebih memahami manajemen keuangan, pemasaran, dan bagaimana mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik di masa depan,” tutupnya.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut