Ingin Membangun Bisnis UMKM yang Sukses, Perhatikan Langkah Ini

hasiholan
Buku ini memaparkan prinsip bisnis disertai penerapannya berupa langkah langkah taktis penuh strategi yang telah teruji dalam membangun bisnis bermodal belasan juta hingga mampu menjadi puluhan miliar dalam waktu yang singkat

Terakhir, jangan anggap karyawan atau tim bisnis adalah bawahan melainkan rekan bisnis sehingga mereka termotivasi untuk bekerja keras dan mencapai tujuan bersama.

Senada dengan Wirson, rekan penulis buku yang juga praktisi bisnis kerakyatan Amelia Edmil mengatakan pemimpin bisnis terutama UMKM harus visioner dan bisa berpikir strategis. Jadi, leader harus punya pemahaman yang mendalam tentang industri, tren pasar, dan kebutuhan pelanggan.

"Bisnis itu tidak akan pernah terpisahkan dengan yang namanya kompetisi. Perlu dapat melihat kondisi pasar secara jelas dan menentukan kebijakan strategi yang akan diterapkan agar mampu mengungguli kompetitor. Apakah menargetkan segmen yang sudah ramai diincar kompetitor? Atau memilih untuk mencari pasar yang niche atau spesifik? Perlu berpikir strategis," kata Amelia.

Selain itu, Amelia juga menyarankan agar pemimpin bisnis punya skala prioritas. Terlebih lagi, UMKM, apalagi di awal-awal merintis bukanlah bisnis yang besar. Sehingga perlu menentukan prioritas dan mendelegasikan tugas dalam tim.

Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network