Membaca Tren
Jika sudah memiliki skala prioritas, pemimpin harus bisa membimbing bisnis dan seluruh anggota tim untuk sama-sama siap apabila harus menerapkan perubahan yang cukup drastis dalam waktu yang singkat.
"Pasalnya, kondisi pasar, tren konsumen dan ekonomi selalu berubah. Bisnis akan selalu berkembang dan tren suatu jasa/produk akan selalu berganti. Jadi, harus selalu inovatif, berpikir untuk memberikan solusi bagi konsumen dan siapkan regenerasi produk sehingga menjawab kebutuhan konsumen," tambah Amelia.
Inovasi, lanjut Amelia, menjadi kunci keberlanjutan suat bisnis. Selain itu, untuk tetap bertahan sebagai pebisnis dan juga bisa mengembangkan bisnis atau bahkan ekspansi, perlu juga diversifikasi produk.
Menurut Amelia, pemimpin bisnis harus bisa menempatkan bisnis utama atau inti di tengah-tengah, lalu mulai lihat apa hulu bisnis dan hilir dari usaha yang sedang dijalankan. Jika sudah ketemu, mulai berpikir diversifikasinya, potensinya dan resikonya. Terakhir soal permodalan atau keuangan.
Baik Wirson maupun Amelia mengakui soal ini sangat krusial. Menurut mereka, sebagus-bagusnya menjadi seorang pemimpin dan mampu menghasilkan keuntungan yang tinggi, tidak akan ada artinya jika keuntungan itu ludes gara-gara tidak bisa mengelola keuangan.
Editor : Hasiholan Siahaan
Artikel Terkait