TANGSEL, iNewsTangsel.id - Unggahan video di akun instagram @ikangfawzy tengah menjadi perhatian sejumlah pihak. Pasalnya, dalam unggahan video milik suami Marissa Haque itu menunjukkan sebuah antrian pelayanan di Kantor Cabang BPJS Tangerang Selatan (Tangsel).
Bukan hanya banyaknya antrian yang jadi sorotan dalam video itu, akan tetapi antrian sang rocker dan keluarga tersebut yang jadi perhatian. Hal itu lantaran, Ikang Fawzy dan Marissa Haque menunggu hampir 6 jam baru dapat pelayanan saat mengurus BPJS Kesehatan, Sabtu (25/5/2024).
Pantauan wartawan, antrian dalam video tersebut diunggah Ikang Fawzy pada Rabu (22/5/2024) lalu. Ikang Fawzy mengaku datang dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore baru dapat pelayanan.
"Hai, hari ini dari pagi gua ngantre di BPJS Kesehatan di Tangsel, di BSD Tangsel. Ngantre dari jam 9 nan tadi ya, baru dapat jam 3-an, itu belum sebentar lagi ya," terang Ikang Fawzy seperti dikutip iNewstangsel melalui instagram miliknya.
"Wow luar biasa, ini produk sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Semoga ini makin baik produknya dan oelayanannya makin baik" jelas Ikang Fawzy mengawali dalam video tersebut.
Dengan adanya video viral tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Tiasa Nugraha, angkat bicara. Tiasa membenarkan dengan adanha antrian yang terjadi terhadap Ikang Fawzy dan keluarganya itu.
Menurut Tiasa, Ikang Fawzy datang ke BPJS Tangerang Selatan pada Senin 23/5/2024 lalu. Antrian itu, kata Tiasa, memang terjadi setelah adanya libur panjang.
"Benar pak, Bapak Ikang Fauzi memang datang ke BPJS Kesehatan Kota Tangerang Selatan pada tanggal 13 Mei 2024," terang Tiasa Nugraha kepada wartawan.
"Tanggal 13 Mei 2024 tersebut adalah hari Senin, setelah libur panjang Kenaikan Isa Almasih tanggal 9 Mei 2024 dan cuti bersama tanggal 10 Mei 2024 serta libur Sabtu dan Minggu 11 dan 12 Mei 2024," ujarnya.
Dengan begitu, Tiasa menjelaskan, antrian tersebut membludak lantaran adanya penundaan layanan di saat libur panjang. Dalam antrian saat itu, Tiasa menyebut ada sekitar 200 warga sedang mengantre di pelayanan BPJS Tangerang Selatan.
"Sehingga peserta membludak yang datang ke kantor untuk melakukan layanan administrasi kepesertaan pada hari Senin 13 Mei 2024 karena tertunda selama 4 hari libur sebelumnya," jelas Tiasa Nugraha.
"Peserta yang hadir dan dilayani di loket pada hari itu adalah 200-an kunjungan yang biasanya rata-rata sekitar 120 kunjungan perhari,' katanya.
Kendati demikian, Tiasa pun menegaskan bahwa saat antrean itu terjadi, berbarengan dengan BPJS Kesehatan melakukan maintenance jaringan atau sistem secara nasional dalam rangka peningkatan layanan.
Sehingga dengan adanya dua kondisi di atas, kata Tiasa, membuat pelayanan di loket menjadi tidak optimal seperti biasanya.
"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan peserta yang datang ke kantor pada hari tersebut, yang mungkin harus menunggu lebih lama dari biasanya. Untuk kunjungan tiap hari di Kantor Kota Tangerang Selatan memang cukup banyak, namun selama ini pelayanan berjalan dengan lancar," bebernya.
Seperti informasi yang berhasil dihimpun, BPJS Kesehatan sebenarnya sudah memiliki aplikasi Mobile JKN dan program Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui WA) untuk mempermudah peserta dalam layanan kepesertaan.
Namun masyarakat sepertinya masih lebih senang dan lebih familiar dengan datang ke loket layanan di kantor untuk pelayanan administrasi kepesertaan.
Dengan adanya informasi itu, diharapkan peserta dapat download dan memanfaatkan layanan dalam fitur-fitur yang ada di MJKN atau Pandawa. Sehingga tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.
Editor : Hasiholan Siahaan
Artikel Terkait