Strategi Aksi Keuangan Berkelanjutan BRI Life, Melalui Peresmian Rumah Pemasaran UMKM Eceng Gondok

Hasiholan
Kita ingin membawa produk lokal eceng gondok ini dapat masuk ke pasar global.

JAKARTA, iNewsTangsel.id - BRI Life, bekerja sama dengan perusahaan induknya (BBRI) serta BRI Research Institute, aktif berpartisipasi dalam memberdayakan UMKM di daerah. Salah satu inisiatifnya adalah dengan meresmikan Rumah Pemasaran UMKM Eceng Gondok di Waduk Rawa Pening, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan para perajin eceng gondok di wilayah tersebut.

Sebelum peresmian, berbagai kegiatan pendukung telah dilakukan untuk anggota UMKM, seperti pelatihan legalitas usaha, digitalisasi keuangan dan pemasaran, serta pendampingan dan pembentukan pojok digital (sentra penjualan digital). BRI Life juga memberikan bantuan berupa peralatan dan perangkat digital untuk mendukung penjualan, serta melakukan sosialisasi asuransi dan memberikan produk asuransi mikro Pijar secara gratis kepada para peserta.

Waduk Rawa Pening dipilih sebagai salah satu lokasi pemberdayaan usaha karena para perajin di sekitar waduk telah memanfaatkan eceng gondok yang tumbuh subur dan mengancam ekosistem waduk selama lebih dari 20 tahun. Melalui UMKM di daerah ini, eceng gondok diolah menjadi produk bernilai, meskipun para perajin masih menghadapi kesulitan dalam memasarkan produk mereka.

Hadir dalam acara ini antara lain Direktur Utama BRI Life, Aris Hartanto; Komisaris Utama BRI Life, M. Syafri Rozi; Komisaris Independen BRI Life, Eko Wahyudi; serta Direktur Utama BRIRINS, Anton Hendranata.

Dalam sambutannya, Direktur Utama BRI Life, Aris Hartanto, berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan penjualan UMKM Eceng Gondok di Waduk Rawa Pening. “BRI Life secara konsisten mendukung program OJK untuk meningkatkan literasi keuangan di masyarakat. Melalui kegiatan ini, BRI Life juga berusaha untuk meningkatkan pendapatan, khususnya bagi anggota UMKM Pengrajin Eceng Gondok di Waduk Rawa Pening Semarang,” jelasnya, Selasa (13/8/2024).

Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network