get app
inews
Aa Read Next : KI Pusat Beri Catatan Pelaksanaan Keterbukaan Informasi 2023

Komisi Informasi Pusat Nilai Penting UU KIP Diterjemahkan dalam Bahasa Inggris

Jum'at, 24 Juni 2022 | 14:51 WIB
header img
Komisi Informasi Pusat RI menggelar acara terjemahan UU KIP di Jakarta pada Jumat, 24 Juni 2022. Foto: Dok KIP

JAKARTA, iNews.id - Komisi Informasi Pusat RI menggelar acara terjemahan UU KIP di Jakarta pada Jumat, 24 Juni 2022. Komisioner KI Pusat Gede Narayana yang hadir dalam acara itu menjelaskan pihaknya sangat memahami akan pentingnya terjemahan UU Keterbukaan Informasi Publik ke dalam bahasa asing dalam hal ini bahasa inggris.

Hal itu, kata dia, sebagai upaya atau bagian dari sosialisasi kepada pihak global atas pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Indonesia

Dia juga menyebutkan,  diterjemahkannya UU Keterbukaan Informasi Publik juga bagian dari proses dan sarana diplomasi dan pengembangan hubungan antar negara, transfer pengetahuan dan tentunya sebagai komunikasi lisan dan tulisan. 

Karenanya, KI Pusat berinisiasi melakukan koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM sebagai lembaga yang diberikan kewenangan oleh Peraturan Perundang-undangan untuk melakukan terjemahan UU secara resmi.

Lebih lanjut Gede Narayana, yang juga Ketua KI Pusat 2017- 2021 yang sekarang sebagai Komisioner KI Pusat 2022- 2026 menyebutkan dengan adanya terjemahan UU Keterbukaan Informasi Publik, tentunya banyak negara asing dapat melakukan studi banding atas penerapan keterbukaan informasi publik di Indonesia.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut