get app
inews
Aa Read Next : Crazy Rich PIK Helena Lim, Ditahan Terkait Korupsi PT Timah Tbk

Negara Dirugikan Rp1,3 Triliun, Akibat Korupsi Proyek Jalur Kereta api Besitang Langsa

Minggu, 21 Januari 2024 | 17:09 WIB
header img
Akibat proyek yang tidak sesuai dengan perencanaan awal, jalur kereta api Besitang-Langsa saat ini tidak dapat digunakan

JAKARTA, iNewsTangsel - Tim Penyidik di Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) telah menetapkan dan menahan 6 orang tersangka terkait dugaan korupsi proyek pembangunan jalur kereta api Besitang-Langsa di Balai Teknik Perkeretaapian Medan dari tahun 2017 hingga 2023.

Sebanyak 49 saksi telah diperiksa, dan hari ini, 12 orang saksi dipanggil, di antaranya 6 dijadikan tersangka berdasarkan bukti yang ada. Tersangka termasuk Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Ketua Kelompok Kerja Pengadaan Konstruksi, dan Direktur PT DYG yang juga konsultan perencanaan serta supervisi pekerjaan.

Untuk mempercepat proses penyidikan, keenam tersangka akan ditahan selama 20 hari ke depan, mulai dari 19 Januari 2024 hingga 7 Februari 2024, dengan penempatan sebagai berikut:
1. Tersangka AAS, RMY, dan HH akan ditahan di Rumah Tahanan Negara Salemba Cabang Kejaksaan Agung.
2. Tersangka AG akan ditahan di Rumah Tahanan Negara Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.
3. Tersangka NSS dan AGP akan ditahan di Rumah Tahanan Negara Salemba.

Perkara ini melibatkan:
- Pada tahun 2017 hingga 2019, Balai Teknik Perkeretaapian Medan melaksanakan Pembangunan Jalur Kereta Api Besitang-Langsa dengan nilai kegiatan sebesar Rp1,3 triliun. Kuasa Pengguna Anggaran dengan sengaja memecah paket-paket pekerjaan untuk mengendalikan pelaksanaan lelang, sehingga pemenangnya dapat diatur.
- Secara teknis, proyek tersebut tidak memenuhi ketentuan karena tidak dilakukan Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan, dan tidak ada penetapan trase jalur Kereta Api oleh Menteri Perhubungan.
- Akibat perbuatan tersangka, terjadi kerusakan parah di beberapa lokasi sehingga jalur kereta api tidak dapat difungsikan.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut