get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Merebaknya DBD di Tangsel, Benyamin Ingatkan Untuk Selalu Bersih-bersih Lingkungan

Kasus DBD Meningkat Tajam, Pemprov DKI Jakarta Bersiap Lepaskan Nyamuk Wolbachia

Rabu, 12 Juni 2024 | 13:37 WIB
header img
Sesuai rencana, nyamuk wolbachia itu akan dilepas pertama kali di Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

"Bakteri Wolbachia aman dan terbukti secara ilmiah mampu menurunkan replikasi virus dengue sehingga dapat mengurangi kemampuan nyamuk tersebut untuk menularkan demam berdarah," ujar Agung.

Menurut Agung, bakteri Wolbachia akan membuat telur nyamuk menjadi tidak menetas sehingga akan mengurangi jumlah nyamuk penyebab DBD.

"Saat ini, jenis nyamuk penyebab DBD bukan hanya Aedes aegypti, tapi juga Aedes albopictus. Aedes aegypti senang di tempat gelap dalam ruangan sementara Aedes albopictus lebih suka di luar ruangan," papar Agung.

Aedes albopictus ini juga berkontribusi pada meningkatnya angka demam berdarah karena selama ini fokus kita hanya di dalam ruangan tempat nyamuk Aedes aegypti bersarang, sementara Aedes albopictus sering luput dari perhatian.

"Melalui bakteri Wolbachia yang diberikan kepada nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, maka akan menyebabkan kemandulan pada telur mereka ketika nyamuk yang belum terpapar melakukan perkawinan," ungkap Agung.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut