get app
inews
Aa Read Next : Munaslub Kadin Disebut Ilegal, Anindya Bakrie Sebagai Ketua Umum Tidak Sah

Kadin Indonesia dan YBLL Dorong Inisiatif Restorasi Melalui Impact Investment Day di Labuan Bajo

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 15:51 WIB
header img
Impact Investment Day diharapkan dapat mendorong keterlibatan lebih banyak pihak untuk berinvestasi

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Bambu Lingkungan Lestari (YBLL) siap menggelar Impact Investment Day (IID) pada 7-8 September 2024 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Acara ini bertujuan memperkuat inisiatif restorasi ekosistem dan keberlanjutan melalui kolaborasi berbagai pihak, baik penggerak maupun pendukung dampak.

Mengusung tema "Championing Sustainable and Restorative Initiatives in Indonesia", IID merupakan bagian dari Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024. Acara ini dirancang untuk mempertemukan impact drivers seperti perusahaan sosial dan LSM dengan impact enablers seperti investor, donor, dan organisasi filantropi, guna memperluas cakupan inisiatif keberlanjutan di daerah-daerah terluar Indonesia, khususnya di kawasan timur yang masih memiliki potensi besar namun belum dimaksimalkan.

Restorasi Ekosistem dan Potensi Indonesia Timur

Labuan Bajo dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan IID karena kawasan ini merupakan pintu gerbang ke wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang minim perhatian. Monica Tanuhandaru, Chairperson YBLL, menjelaskan bahwa NTT dipilih karena potensi alamnya yang besar namun belum sepenuhnya diberdayakan. “Kami ingin membawa perhatian lebih kepada Indonesia Timur, terutama untuk memanfaatkan sumber daya alam lokal dengan pendekatan berkelanjutan,” ujar Monica, Kamis (29/8/2024).

Kadin Indonesia melalui Kepala Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Bambang Brodjonegoro, menegaskan pentingnya inisiatif ini. “Kami mengajak dunia usaha untuk lebih dari sekadar memenuhi kewajiban hukum, tetapi memimpin dalam penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan. Ini bukan hanya soal kepatuhan, tetapi juga tentang menciptakan nilai jangka panjang bagi masyarakat dan lingkungan," katanya.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut