get app
inews
Aa Read Next : KPK Menetapkan Empat Tersangka Kasus Dugaan Korupsi di PT ASDP Indonesia Ferry

AGK Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Gratifikasi dan Pencucian Uang di Pemprov Maluku Utara

Minggu, 27 Oktober 2024 | 16:36 WIB
header img
KPK tengah mengusut kasus dugaan suap, gratifikasi, dan Tindak Pidana Pencucian Uang. Dok iNewsTangsel

JAKARTA, iNewsTangsel.id - KPK telah menetapkan AGK sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terkait proyek dan perizinan di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Selain itu, AGK juga ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi dan pencucian uang.

Dalam pengembangan kasus ini, KPK menetapkan MS sebagai tersangka suap perizinan dan proyek. MS diduga memberikan suap sebesar Rp7 miliar kepada AGK untuk pengurusan izin dan proyek di lingkup Pemprov Maluku Utara.

"KPK memeriksa Asgar Khan terkait dugaan adanya aliran dana dari tersangka AGK ke Yayasan Alkhairaat untuk pembangunan gedung," ujar Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika, pada (25/10/2024)

Namun, Tessa tidak menyebutkan jumlah dana yang diduga dialirkan ke yayasan tersebut. Diduga, penyidik sedang mendalami bukti pencucian uang yang dilakukan oleh AGK.

Suap tersebut diberikan MS secara langsung kepada AGK atau melalui ajudan dan transfer rekening. Suap tersebut terkait proyek di Dinas PUPR, pengurusan izin usaha pertambangan (IUP), pengusulan wilayah izin usaha pertambangan (WIUP) ke Kementerian ESDM, dan proyek lainnya.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut