LG Ciptakan Kembali Masa Depan Melalui Inovasi Berbasis AI

hasiholan
LG AI Brain, dengan memanfaatkan jumlah besar data pengguna, mampu memprediksi kebutuhan pengguna tidak hanya berdasarkan interaksi dengan produk

LAS VEGAS, iNewsTangsel.id - LG Electronics (LG) menyelenggarakan konferensi pers bertajuk LG World Premiere di Mandalay Bay Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Selasa (9/1/2024).

Kesempatan ini digunakan untuk memperkenalkan visi baru dan tema "Reinvent Your Future" dalam partisipasinya pada Consumer Electronics Show (CES) 2024.

CEO LG, William Cho, membuka acara dengan menegaskan tujuan ambisius perusahaan untuk menjadi solusi bagi kehidupan cerdas, yang sejalan dengan pemahaman mendalam tentang konsumen global selama hampir tujuh dekade.

Dengan dasar tersebut, William Cho menyatakan bahwa LG akan memperluas bisnisnya. Tidak hanya sebagai dukungan pengguna di rumah, tetapi juga merambah ke berbagai ruang, termasuk mobilitas, komersial, dan virtual. 

Tujuan perusahaan  meningkatkan pengalaman pengguna dengan fokus pada lima elemen utama, yang disusun dalam 3C2S: Kepedulian (Care), Konektivitas (Connectivity), Kustomisasi (Customization), Pelayanan (Servitization), dan Keberlanjutan (Sustainability).

Dalam upayanya meningkatkan pengalaman pengguna, LG mendefinisikan kembali kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) sebagai "Kecerdasan Penuh Afeksi" (Affectionate Intelligence).

Perusahaan lebih memilih untuk menunjukkan manfaat nyata implementasi AI dalam kehidupan sehari-hari daripada fokus pada evolusi teknologi itu sendiri.

Dedikasi ini muncul dari usaha perusahaan meredefinisi AI sebagai "Kecerdasan Penuh Afeksi" (Affectionate Intelligence). Dengan definisi ini, perusahaan meyakini bahwa AI dapat meningkatkan pengalaman pengguna menjadi lebih peduli, berempati, dan penuh perhatian.

Pada konferensi pers tersebut, CEO LG menyoroti karakteristik unik solusi AI perusahaan. Ini dimulai dari kemampuannya memanfaatkan kekayaan data, baik dalam skala maupun kualitas.

Dikatakan bahwa di antara 500 hingga 700 juta produk LG yang digunakan di seluruh dunia, banyak yang telah dilengkapi sensor cerdas dengan dukungan AI.

Dukungan ini dioptimalkan untuk mempelajari dan menganalisis pola kehidupan pengguna, baik secara fisik maupun emosional.

Memanfaatkan data dari kehidupan nyata dianggap sebagai keuntungan khusus bagi LG jika dibandingkan dengan perusahaan yang mengandalkan data berbasis internet untuk pengembangan AI. Kumpulan data ini memberikan wawasan berharga tentang interaksi pengguna dan perangkat, lingkungan pengguna, pola perilaku, dan keadaan emosi.

Data multi-aspek yang dikumpulkan dari perangkat yang saling terhubung ini mendukung LG dalam mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang kehidupan penggunanya di rumah. William Cho menyatakan, "Dengan bermodalkan hal ini, LG dapat memberikan solusi gaya hidup yang lebih baik dan cerdas."

Dalam konferensi pers tersebut, CEO Cho menjelaskan peran penting LG AI Brain, sebuah mesin pemrosesan canggih yang didukung oleh Large Language Model (LLM) LG. LG AI Brain, dengan memanfaatkan jumlah besar data pengguna, mampu memprediksi kebutuhan pengguna tidak hanya berdasarkan interaksi dengan produk, melainkan juga dengan melakukan pembelajaran kontekstual, menjalankan proses penalaran tingkat lanjut, dan menghasilkan solusi optimal melalui pengaturan tindakan perangkat fisik.

Dengan semua ini, LG dapat memberikan layanan dan pengalaman cerdas di berbagai aspek kehidupan pengguna. William Cho menyatakan, "Semuanya disampaikan dengan cara yang lebih cerdas dan efisien, menunjukkan perhatian yang tertanam dalam konsep kecerdasan yang penuh afeksi dari LG."

Dalam pengembangan solusi AI pada setiap perangkatnya, LG sangat memperhatikan penggunaan AI secara etis dan tanggung jawab terhadap dampak serta konsekuensi dari keputusan dan tindakannya. Sejalan dengan usahanya mengembangkan sistem AI yang memberikan manfaat bagi seluruh pengguna, LG mendorong perilaku aman dan menjamin keamanan semua data pribadi yang terkumpul.

Komitmen yang mencolok dari LG adalah sistem keamanan datanya, LG Shield. Sistem ini dirancang untuk melindungi data dan informasi pribadi pada setiap tahap proses, dari pengumpulan hingga pemanfaatan. Dengan dedikasi untuk mewujudkan Kecerdasan yang Bertanggung Jawab, LG berusaha melampaui standar industri dalam implementasi AI.

Dalam penutupan acara LG World Premiere, William Cho menekankan bahwa pendekatan LG terhadap AI berakar pada keyakinan bahwa pelanggan harus memiliki kendali penuh. Dia menambahkan, "Hidup ini baik. Ini adalah janji kuat dan tanpa kompromi yang memotivasi kami menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi pengguna kami, bahkan di era AI."

Selain mempresentasikan visi, LG juga mengenalkan teknologi dan inovasi terbarunya pada berbagai perangkat dalam acara tersebut. CEO LG, William Cho, didampingi oleh Wakil Presiden dan Kepala Pusat Bisnis Platform LG, Jung Ki-hyun, serta Presiden Perusahaan Solusi Komponen Kendaraan LG, Eun Seok-hyun, yang memperkenalkan teknologi inovatif berbasis AI dan strategi.

Jung Ki-hyun memperkenalkan cetak biru rumah pintar berbasis AI LG, yang menggabungkan teknologi unik 'Affectionate Intelligence' ke dalam platform ThinQ.

Mereka juga meluncurkan layanan inovatif, ChatThinQ, sebuah chatbot AI generatif untuk percakapan alami dengan pengguna. Selain itu, LG memperkenalkan 3D Home View, visualisasi 3D rumah untuk kontrol ruang terintegrasi secara intuitif, serta merencanakan peluncuran hub rumah pintar baru.

Di bidang mobilitas, LG memiliki visi untuk menjadikan mobil sebagai 'ruang hidup di atas roda' dengan dukungan dari Software-Defined Vehicle (SDV). Sejalan dengan visi tersebut, Eun Seok-hyun, Presiden LG Vehicle Solution Company, memperkenalkan LG AlphaWare, rangkaian solusi perangkat lunak perusahaan untuk SDV.

LG AlphaWare mengintegrasikan modul perangkat lunak serbaguna untuk meningkatkan sistem operasi kendaraan yang ada dan mendukung pembangunan platform baru. Ini mencakup solusi operasi yang membantu pengembang perangkat lunak sepanjang proses pengembangan dari desain hingga penerapan.

Selain itu, menyediakan solusi hiburan dalam kabin dengan tampilan konten definisi tinggi dan suara berkualitas tinggi, serta solusi antarmuka manusia dan mesin yang memanfaatkan teknologi AR/MR dan AI untuk memberikan pengalaman berkendara yang mendalam.

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network