Transformasi Sistem Pangan Lokal Dorong Kemandirian Pangan Berkelanjutan

Aris Danu
Prototip merupakan langkah awal untuk melakukan transformasi sistem pangan ke arah yang lebih sehat

JAKARTA, iNewsTangsel.id -Laboratorium Transformasi Sistem Pangan menggelar diseminasi publik bersama media dengan tajuk Pengembangan Prototip Pangan Lokal yang digelar di Hotel Oak Jakarta, Rabu (24/7/2024). 

Dalam acara tersebut, dipaparkan tiga prototip atau purwarupa sistem pangan lokal untuk mencapai kemandirian pangan yang merupakan hasil dari dialog multipihak yang diselenggarakan selama 6 bulan oleh Laboratorium Transformasi Sistem Pangan.  

“Prototip merupakan langkah awal untuk melakukan transformasi sistem pangan ke arah yang lebih sehat, berkelanjutan, inklusif dan tangguh,”ujar Khaerul Anam, Kepala Laboratorium Transformasi Sistem Pangan, dalam pemaparannya. 

Adapun tiga prorotip yang dimaksud, di antaranya:

1. Sistem pangan yang mempromosikan pangan akuatik di sekolah. Prototip ini dirancang untuk meningkatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat. 

2. Sistem pangan yang mempromosikan pangan lokal. Prototip ini bertujuan untuk memanfaatkan keanekaragaman hayati pangan lokal yang melimpah.

3. Sistem pangan yang memproduksi kerja sama antara konsumen dan produsen. Prototip ini bertujuan untuk memberikan manfaat berkelanjutan kepada kedua belah pihak.

“Pekerjaan rumah bersama selanjutnya adalah menerapkan skala ketiga prototip ini bertambah besar dan bisa direplikasi di berbagai daerah,” terang Khaerul.

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network