Perkebunan Sawit Berpotensi Menyediakan 1 Juta Hektare Lahan per Tahun untuk Tanaman Pangan

Hasiholan
Kacuk menambahkan bahwa konsep ini memiliki multiplier effect yang tinggi di pedesaan, yang dapat mendukung ketahanan ekonomi lokal

Potensi produksi tahunan dari lahan tersebut, jika ditanami sorgum, mencapai 8 juta ton (tidak diberakan) dan 12 juta ton (diberakan). Jika ditanami singkong, hasilnya sekitar 45 juta ton per tahun (tidak diberakan), dan 70 juta ton jika diberakan. Untuk kedelai varietas Grobogan, hasil panen mencapai 2,9 juta ton (tidak diberakan), dan 4,5 juta ton jika diberakan. Sedangkan untuk jagung, hasilnya 8 juta ton (tidak diberakan) dan 12,4 juta ton jika diberakan.

Kacuk menjelaskan bahwa tanaman sela seperti sorgum, jagung, singkong, dan kedelai telah dicobanya di lahan perkebunan sawit milik PT Paya Pinang Group di Sumatera Utara. Ia menambahkan, dengan praktik budidaya yang lebih baik, hasilnya bisa jauh lebih tinggi.

Namun, tantangan utama dalam optimalisasi lahan perkebunan sawit saat replanting adalah ketiadaan off taker atau pembeli hasil panen tanaman sela. Kacuk mengusulkan agar pemerintah, melalui Perum Bulog, berperan dalam menyerap hasil panen ini. Jika tidak ada pihak yang siap menjadi off taker, hasil panen dapat dikonsumsi oleh masyarakat sekitar kebun.

Dengan pendekatan ini, masyarakat sekitar perkebunan dapat menjamin ketahanan pangan mereka sendiri, serta menikmati harga yang lebih terjangkau karena biaya logistik yang rendah. Selain itu, masyarakat juga mendapatkan manfaat dari kegiatan ekonomi yang timbul dari konsep ini.

Kacuk menambahkan bahwa konsep ini memiliki multiplier effect yang tinggi di pedesaan, yang dapat mendukung ketahanan ekonomi lokal. Dengan demikian, optimalisasi lahan perkebunan sawit ini dapat membantu mencapai kemandirian pangan tanpa perlu membuka lahan baru. 

Editor : Hasiholan Siahaan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network