get app
inews
Aa Read Next : Putusan MK: Prabowo Gibran Sah, Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Swing Voters Penentu Arah Kemenangan Pilpres 2024

Jum'at, 26 Januari 2024 | 16:59 WIB
header img
Paparan Skala Data Indonesia (SDI) dalam  rilis survei nasional terkait dengan elektabilitas pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden dan elektabilitas partai politik yang diselenggarakan pada Jumat 26 Januari 2023 di Jakarta. Foto:Ist

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Salah satu variabel yang penting den menentukan paslon capres-cawapres mana yang menang baik satu atau dua putaran adalah ke mana arah suara swing voters dan undecided voters.

Hal ini mengemuka dalam paparan Skala Data Indonesia (SDI)  rilis survei nasional terkait dengan elektabilitas pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden dan elektabilitas partai politik yang diselenggarakan pada Jumat 26 Januari 2023 di Jakarta.

Survei nasional ini dilakukan pada rentang waktu 13 – 21 Januari 2024 dan menggunakan metode tatap muka langsung. Sementara itu, jumlah sampel yang diambil sebanyak 1240 responden, margin of error ±2,78%, level of confidence 95%, dan teknik sampling berupa multistage random sampling.

“Dinamika elektabilitas pasangan Capres dan Cawapres masih bergerak dinamis sehingga Pilpres satu atau dua putaran masih belum bisa diketahui,” kata Direktur Skala Data Indonesia, Azka Abdi Amrurobbi dalam paparannya.

Prabowo-Gibran, lanjut Azka, menempati posisi puncak elektabilitas dengan memperoleh dukungan sebesar 45,7%, disusul Anis-Muhaimin sebesar 27,6%, Ganjar-Mahfud sebesar 16,9%, dan yang tidak tahu/tidak menjawab (undecided voters) sebesar 9,8%.

“Meski demikian, pemilih swing voters (pemilih yang masih dapat berubah pilihan) sebesar
19,6%. Sehingga, dengan demikian, suara swing voters dan undecided voters sangat menentukan arah Pilpres 2024 ke depan. Karena itu, Pilpres akan digelar satu atau dua putaran, salah satu variabel yang penting ialah ke mana arah suara swing voters dan undecided voters,” tutur Azka.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut