Kemnaker Kirim Peserta Benchmarking ke Jepang untuk Tingkatkan Layanan Penempatan Tenaga Kerja

Shanty Brilliani Tasya
Melalui program ini, diharapkan para peserta dapat membawa pulang ilmu dan pengalaman berharga yang dapat diterapkan

JAKARTA, iNewsTangsel.id -Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) secara resmi melepas peserta Benchmarking in Summer Training Japan 2024 pada Selasa (23/7/2024) di Jakarta. Program ini bertujuan untuk mengamati langsung proses layanan penempatan tenaga kerja di Jepang dan mengadopsi praktik terbaik yang diterapkan di negara tersebut.

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker, Haryanto, menekankan pentingnya kegiatan benchmarking sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas dan kinerja para Pengantar Kerja. "Dengan melihat langsung bagaimana Jepang menjalankan layanan penempatan tenaga kerja, kita dapat belajar dari praktik-praktik terbaik yang telah terbukti efektif," ujarnya.

Menurut Haryanto, benchmarking tidak hanya sekadar observasi, tetapi juga merupakan upaya pengembangan kompetensi yang sangat berharga. "Ini adalah kesempatan bagi kita untuk belajar dari keberhasilan dan inovasi di tempat lain, dan kemudian mengadopsi serta menyesuaikannya untuk diterapkan di Indonesia," tambahnya.

Program Benchmarking in Summer Training Japan 2024 diikuti oleh peserta yang telah melalui tahap seleksi ketat. Mereka terdiri dari Pengantar Kerja yang telah mengikuti Community of Practice (CoP) tahap I hingga V, serta delegasi dari Kemnaker.

Melalui program ini, diharapkan para peserta dapat membawa pulang ilmu dan pengalaman berharga yang dapat diterapkan untuk meningkatkan layanan penempatan tenaga kerja di Indonesia, sekaligus memperkuat daya saing tenaga kerja Indonesia di pasar global

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network