Misteri Dibalik Kecelakaan Bus Unpam: Bus Oleng dan Hantam Tiang Rambu

Irfan Ma'ruf
Sebuah kecelakaan tragis menimpa rombongan dosen Universitas Pamulang (Unpam) Tangerang Selatan (Tangsel)  saat melintas di Tol Cipali pada Rabu malam, 24 Juli 2024. Foto: Ist

PAMULANG, iNewsTangsel.id - Sebuah kecelakaan tragis menimpa rombongan dosen Universitas Pamulang (Unpam) Tangerang Selatan (Tangsel)  saat melintas di Tol Cipali pada Rabu malam, 24 Juli 2024. Bus yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan tunggal, mengakibatkan satu penumpang meninggal dunia dan beberapa lainnya luka-luka.

Kronologi kejadian menurut keterangan Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Julest Abraham Abast, kecelakaan terjadi di KM 176.300 jalur B Tol Cipali, Kabupaten Majalengka, sekitar pukul 21.41 WIB.

Bus Blue Star yang membawa 33 dosen Unpam dengan tujuan dari Palimanan menuju Cikopo diduga mengalami oleng ke kanan hingga menabrak tiang rambu pembatas jalan. Akibat benturan keras, bus tersebut tertimpa tiang rambu.

Peristiwa nahas ini mengakibatkan satu penumpang meninggal dunia di tempat kejadian dan tiga lainnya mengalami luka-luka. Korban meninggal dunia langsung dievakuasi ke RSUD Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, sementara korban luka-luka dilarikan ke RSU Mitra Plumbon, Kabupaten Cirebon.

"Setibanya di tempat kejadian kendaraan diduga oleng ke kanan kemudian menabrak tiang RPPJ yang berada di median atas kejadian tersebut kendaraan tertimpa tiang RPPJ," kata Julest, Kamis (25/8/2024).

Dede Sunandar, salah satu dosen Unpam yang ikut dalam rombongan, membenarkan adanya kecelakaan tersebut. Namun, ia mengaku belum mengetahui secara detail kronologi kejadian karena belum menerima informasi resmi.

Informasi awal yang beredar di media sosial menyebutkan bahwa Wakil Rektor II Unpam dan beberapa jajaran direksi turut berada dalam rombongan bus yang mengalami kecelakaan.

Hingga saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan. Dugaan sementara, kecelakaan terjadi akibat bus yang oleng dan menabrak tiang rambu. Namun, tidak menutup kemungkinan ada faktor lain yang turut mempengaruhi kejadian ini, seperti kondisi jalan, cuaca, atau faktor teknis kendaraan.

Pihak kepolisian telah melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi. Korban kecelakaan telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat dan mendapatkan penanganan medis. Universitas Pamulang juga telah memberikan dukungan kepada keluarga korban dan para dosen yang selamat.

Kecelakaan ini tentunya menimbulkan duka mendalam bagi keluarga korban dan seluruh civitas akademika Unpam. Selain itu, kejadian ini juga menjadi pengingat bagi seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Adapun, informasi kecelakaan rombongan Dosen Pasca Sarjana Unpam terpantau di akun media sosial @tangsel_update pagi ini. Dari keterangannya disebutkan bila Wakil Rektor II dan beberapa jajaran Direksi dalan rombongan itu. 

“Ada Wakil Rektor 2, dan beberapa jajaran direksi,” tulis akun tersebut.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network