Ciri-ciri Kamu sedang Hamil, Berikut 16 Tanda-Tandanya

Hasiholan
Jika Anda mengalami tanda-tanda kehamilan, disarankan untuk segera melakukan tes kehamilan menggunakan test pack

3. Mual dan muntah

Mual atau morning sickness adalah salah satu tanda kehamilan yang umum dirasakan, kadang-kadang disertai dengan muntah. Meskipun sering terjadi di pagi hari, mual dan muntah juga bisa terjadi sepanjang hari. Menurut American Pregnancy Association (APA), lebih dari 50% wanita hamil mengalami morning sickness. Beberapa wanita akan mengalami gejala ini sampai trimester kedua atau bahkan hingga persalinan.

4. Kelelahan dan lemah dengan cepat

Merasa lelah dan lemah dengan mudah tanpa melakukan aktivitas berat bisa menjadi tanda kehamilan, meskipun tidak pasti. Wanita hamil bisa merasakan kelelahan yang luar biasa bahkan pada minggu pertama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron yang membuat calon ibu menjadi lebih cepat mengantuk pada awal kehamilan. Selain itu, sistem kekebalan tubuh ibu akan melemah sebelum proses implantasi agar embrio dapat menempel dengan baik di rahim.

5. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil adalah salah satu tanda awal kehamilan yang sering tidak disadari. Biasanya, hal ini mulai terjadi sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan. Peningkatan hormon hCG menyebabkan peningkatan aliran darah ke ginjal, sehingga meningkatkan produksi urine. Perubahan hormon juga membuat kandung kemih menjadi lebih sensitif, sehingga sulit menahan buang air kecil. Seiring dengan perkembangan kehamilan, tekanan rahim pada kandung kemih akan semakin meningkat, menyebabkan ibu hamil lebih sering buang air kecil. Refleks seperti bersin, batuk, atau tertawa juga dapat menyebabkan ibu mengalami kebocoran urine tanpa disadari.

Ciri-ciri hamil yang kurang umum 

Selain tanda-tanda kehamilan yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga ciri-ciri kehamilan yang kurang umum, seperti berikut:

1. Sembelit

Sembelit atau gangguan buang air besar yang tidak teratur mungkin menjadi tanda kehamilan akibat kenaikan hormon progesteron. Tingginya hormon progesteron dapat membuat pergerakan usus menjadi lambat, sehingga ibu mengalami kesulitan dalam buang air besar.

2. Mood swing

Selain sering buang air kecil, tanda kehamilan yang tidak banyak wanita sadari adalah perubahan mood. Calon ibu yang sedang hamil rentan mengalami perubahan mood yang tidak stabil, seperti mudah marah atau gelisah. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh selama kehamilan.

Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network